DPMD Provinsi NTT Gelar Rakor P3MD di Rote Ndao

ROOL NEWS • Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Nusa Tenggara Timur, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (P3MD) Provinsi Nusa Tenggara Timur tahun 2019, di aula Rujab Bupati Rote Ndao, Kamis (21/3/2019).

Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu, SE atas nama Guburnur Nusa Tenggara Timur (NTT) Victor Bungtilu Laiskodat membuka dengan resmi Rakor P3MD tersebut.

Paulina dalam membacakan sambutan Gubernur NTT mengajak  para kepala DPMD dan semua stakeholder untuk memiliki visi dan misi yang sama dalam membangun desa, terutama masyarakat desa.

“diperlukan adanya semangat membangun yang tumbuh dari dalam diri masyarakat di desa untuk berubah, agar dapat keluar dan tidak terjebak atau terbelenggu dalam kemiskinan,” Jelasnya.

Gubernur dalam sambutannya mengingatkan, melalui dana desa yang dikucurkan setiap tahun, hendaknya dimanfaatkan dengan baik bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

Karena itu, para pendamping desa harus mendorong masyarakat bekerja keras secara gotong royong dan kekeluargaan keluar dari belenggu kemiskinan.

“pendamping desa yang ada supaya mengajak partisipasi masyarakat membangun dirinya, membangun kelompoknya dengan tetap menjaga ideologi bangsa, yaitu Pancasila,” Katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD NTT, Drs. Sinun P Manuk mengatakan, rakor pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa tingkat provinsi NTT ini bertujuan untuk melakukan evaluasi reguler terhadap pelaksanaan penyaluran dan penggunaan dana desa serta pelaksanaan program-programnya. Dan merumuskan langkah-langkah serta mengidentifikasi masalah yang timbul selama pelaksanaan penyaluran dan penggunaan dana desa.

Peserta yang diikutsertakan dalam rakor tersebut berasal dari lingkup PMD NTT, Kepala Dinas PMD dan Kepala Bappeda kabupaten/kota, perwakilan Camat, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat dan perwakilan Pendamping Desa se provinsi NTT, serta kepala desa di Wilayah Kabupaten Rote Ndao. (*/if)