Bupati Lens Haning Resmikan Gedung Puskesmas Busalangga

Rote (ROOL)- Berbagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rote Ndao, salah satunya pembangunan dan peningkatan sarana dan prasarana di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang yang layak sesuai dengan kebutuhan pelayanan.
Demikian disampaikan Bupati Rote Ndao Drs Leonard Haning, MM dalam sambutan ketika meresmikan penggunaan gedung Puskesmas Busalangga, di kompleks kantor Kecamatan Rote Barat Laut, Oemilan, Rabu (3/10/2018).
Acara peresmian gedung Puskesmas Busalangga itu, disandingkan dengan sejumlah kegiatan, di antaranya Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Advokasi Akreditasi Puskesmas, Pertemuan Jampersal Lintas Sektor, dan Sosialisasi Buku Raport Kesehatan bagi Peserta Didik.
Dalam arahannya, Bupati Haning meminta semua petugas kesehatan yang menjalankan tugasnya di Puskesmas Busalangga, untuk memanfaatkan gedung yang baru dengan sebaik-baiknya bagi pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kecamatan Rote Barat Laut dan sekitarnya.
“Dengan adanya fasilitas kesehatan yang memadai dan didukung tenaga kesehatan yang profesional diharapkan fasilitas ini dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan menekan angka kematian ibu dan anak. Hal ini bisa terwujud jika ada perubahan perilaku ke arah yang lebih sehat,” kata Lens Haning.

Perubahan Perilaku
Menurutnya, perubahan perilaku perlu dilakukan secara sistematis dan terencana oleh semua komponen. Untuk itu, Germas harus disertai dengan upaya peningkatan mutu dan kinerja pelayanan pada sarana kesehatan dasar melalui Akreditasi Puskesmas, menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik.
Masih menurut Bupati, Germas dapat dilakukan dengan cara melakukan aktivitas fisik, mengkomsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengkomsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban sehat.
“Saya tekankan perlunya menjaga kesehatan sebelum menyesal di kemudian hari. Dulu saya perokok sekarang saya sudah berhenti karena saya telah merasakan dampak negatifnya. Untuk itu saya minta stop merokok mulai dari sekarang. Apa yang saya sampaikan sudah merupakan upaya promotif. Demikian pula dengan kebiasaan berperilaku hidup bersih dan sehat di kalangan siswa merupakan hal yang penting,” ungkap Bupati Lens.
Kebiasaan ini, lanjutnya, tidak bisa ditawar sebab ini telah menjadi kebutuhan dasar demi terciptanya SDM yang tangguh. Dengan Program Raport Kesehatanku kita bisa mendapatkan informasi dan memantau kesehatan anak.
Selain itu Bupati menyebutkan bahwa pada tahun 2013 telah diterbitkan Perbup tentang Revolusi Kesehatan Ibu dan Anak di Kabupaten Rote Ndao, yakni Peraturan Bupati Rote Ndao Nomor 14 Tahun 2013.
Didalam Perbup ini, kata dia, mengharuskan semua persalinan di Kabupaten Rote Ndao dilaksanakan di fasilitas kesehatan dan dilakukan oleh tenaga kesehatan yang berkompeten. “Tidak boleh melahirkan di rumah tapi harus difasilitas kesehatan. Informasikan kepada petugas apabila ada keluarga yang akan melahirkan. Nanti petugas akan datang jemput. Tidak ada biaya. Semua gratis,” tegas Bupati Lens.
Bupati juga meminta bantuan seluruh masyarakat yang hadir dan para maneleo untuk menyampaikan hal tersebut kepada setiap ibu yang akan melahirkan bahwa lebih baik datang dan melahirkan di fasilitas kesehatan yang telah disiapkan pemerintah.

Dukungan Seluruh Komponen
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan drg Suardi menjelaskan, seiring dengan pelaksanaan Akreditasi Puskesmas, maka upaya kesehatan seperti Germas adalah gerakan bersama seluruh stakeholders dengan tujuan menurunkan beban penyakit menular, baik kesakitan, kecacatan, maupun kematian, serta menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas, menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan.
Suardi berharap dukungan dari seluruh komponen dan lintas sektor dalam meningkatkan mutu kinerja pelayanan kesehatan.
Terpisah, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dr Rina Sutjiati menjelaskan, seluruh rangkaian kegiatan yang dilaksanakan tersebut, diawali Sosialisasi Germas dilaksanakan di aula kantor Kecamatan Rote Barat Laut. Sementara Pertemuan Jampersal Lintas Sektor akan dilaksanakan Kamis (4/10/2018) di aula Hotel Videsy, Nusaklain. Sementara Sosialisasi Buku Raport Kesehatan bagi Peserta Didik juga akan dilaksanakan Jumat (5/10/2018) di tempat yang sama. (*tim/humas)