Pengurus Cabang Hakli Kabupaten Rote Ndao Dikukuhkan

ROOLNEWS • Ketua Umum Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan (Hakli) Provinsi NTT, Micael Johan Takesan resmi melantik badan pengurus Cabang Hakli Kabupaten Rote Ndao di Auditorium Tii Langga, Rabu (12/7).

Johan dalam sambutannya mengatakan bahwa komitmen Pengurus Pusat pengurus daerah khususnya pengurus cabang HAKLI kabupaten Rote Ndao merupakan suatu kesatuan yang utuh dan saling berintegrasi yang didukung dengan motto “Bersatu bulatkan tekad, bangkit menunjukan Profesionalisme HAKLI yang andal” sesuai dengan ilmu pengetahuan dan Teknologi yang dimiliki untuk mendukung visi dan misi Pemerintah Kabupaten Rote Ndao se rta lebih khusus mewujudkan visi dan misi HAKLI yaitu : keberlanjutan, peningkatan, percepatan, dan pemberdayaan profesi HAKLI.

Oleh karena itu ia mengajak semua elemen bergandengan tangan, bersatu padu, bulatkan tekad, tingkatkan kualitas Ilmu Pengetahuan dan Teknologi(IPTEK) di bidang kesehatan lingkungan dan lingkungan/sanitasi.

Menurutnya dengan tekad tersebut maka mampu bersaing dalam menghadapi era globalisasi menuju Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dengan memahami secara jelas peran tugas pokok dan fungsi profesi HAKLI sesuai jenjang/tingkatan yang disyaratkan guna mendukung visi dan misi pemerintah daerah kabupaten Rote Ndao.

“mari kita sama sama kembangkan sikap kebersamaan dan kekeluargaan kita dengan segenap organisasi profesi di bidang kesehatan yang berkiprah di kabupaten Rote Ndao ini, agar sama sama menyatukan tekad,meningkatkan profesionalitas tenaga kesehatan yang handal dan berkualitas guna bersama sama mendukung percepatan pembangunan berkelanjutan,berbasis masyarakat dan berwawasan lingkungan” kata Johan.

Sementara itu, Bupati melalui Sekretaris Daerah, Drs. Jonas. M. Selly, MM., dalam sambutannya mengatakan bahwa momentum kegiatan ini merupakan Upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat pada umumnya dan khususnya di bidang kesehatan relatif belum optimal.

Peran serta kesehatan lingkungan/sanitasi belum nampak secara jelas oleh karena keterbatasan pada berbagai tingkatan dan tahapan tahapan perencanaan, salam pelaksanaan, maupun evaluasi serta pengambilan keputusan.

Oleh karena itu pembangunan berkelanjutan, berbasis masyarakat dan berwawasan lingkungan tidak hanya menjadi tanggungjawab bersama semua komponen masyarakat dalam membangun individu masyarakat yang sehat dan berkualitas agar mampu menggumuli hidup dan kehidupan secara bijaksana dan bertanggung jawab.

Menurutnya, perlu disadari bahwa dalam rangka membangun kemandirian menuju masyarakat yang sehat dan sejahtera di bidang kesehatan lingkungan sangat dibutuhkan pemberdayaan profesi Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan (HAKLI) dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan lingkungan/sanitasi, untuk mewujudkan kualitas lingkungan/sanitasi yang sehat, baik fisik, kimia, biologi maupun sosial yang memungkinkan setiap orang mencapai derajat kesehatan yang setinggi tingginya.

“HAKLI sebagai organisasi profesi,para anggotanya harus dilandasi oleh kemampuan dan ketrampilan di bidang ilmu dan seni kesehatan lingkungan dalam upaya mengembangkan budaya perilaku hidup sehat dan pengelolaan lingkungan yang bersih, aman, nyaman, sehat, sejahtera sesuai dengan harkat dan martabat manusia” kata Selly.

Adapun Sesuai Berita Acara pelantikan pengurus cabang Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia  kabupaten Rote Ndao periode 2017 – 2022, ketua umum pengurus cabang HAKLI kabupaten Rote Ndao, dipercayakan kepada Yandry Y Salam Napoe dan dilantik langsung oleh Ketua Umum Pengurus Daerah Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia yang (PENGDA) provinsi Nusa Tenggara Timur, Micael Johan S. Takesan, SKM, M.Si didampingi Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Rote Ndao dan disaksikan badan pengurus,anggota HAKLI kabupaten Rote Ndao dan sejumlah undangan. (*/r01/aZ)