Cuaca Buruk, Pelabuhan Ba’a Hentikan Sementara Pelayaran

ROOLNEWS.ID • Pelabuhan Ba’a, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur menghentikan sementara rute pelayaran hingga waktu yang ditentukan, disebabkan angin kencang dan cuaca buruk yang melanda perairan Pulau Rote dan sekitarnya beberapa hari terakhir ini.

“ketinggian ombak untuk saat ini di perairan Rote mencapai 1,5 – 3 Meter dan dinyatakan tidak aman untuk pelayaran,” Ujar Kepala Kantor Unit Pelayanan Pelabuhan (UPP) Ba’a Welhelmus Dami kepada ROOL, Senin.

Penghentian aktivitas pelayaran ini terkait adanya peringatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tentang cuaca buruk yang melanda perairan selatan Kupang – Pulau Rote dan laut Timor dengan arah angin dari timur – selatan dengan kecepatan 2 – 6 skala beaufort.

“ini sampai dengan tanggal 14 Juni 2017, gelombang masih tiga meter,” kata Welhelmus.

Kendati demikian, lanjut Welhelmus, pelayaran masih dimungkinkan untuk kapal tanker dan kapal penumpang Awu, maupun kapal barang yang berbadan lebar.

Untuk informasi, kapal penumpang Awu akan berlayar dari Pelabuhan Sabu dan menyinggahi Pelabuhan Ba’a, Pulau Rote pada Selasa (13/6/2017) pukul 05.00 WITA pagi, dari pelabuhan Ba’a kapal penumpang Awu akan bertolak menuju Kupang. (*/r01)