Cegah ‘Transnational Crime’ GMKI Gelar Talk Show

ROOLNEWS.ID • Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Ba’a, Selasa (23/5) menggelar Talk show  dengan tema mengantisipasi  Kejahatan Lintas Negara Pada Pulau Terselatan Indonesia Di Kabupaten Rote Ndao yang dibuka oleh Sekda Rote Ndao, Jonas M Selly, MM.

Talk Show tersebut guna dalam rangka mencegah terjadinya kejahatan Transnational Crime bagi masyarakat Rote Ndao.

Sekretaris Daerah Rote Ndao, Jonas M Selly dalam sambutannya mengatakan perlu adanya sebuah upaya untuk membangun kerja sama salah satunya dengan bermitra dengan para OKP  nasional maupun Lokal dalam upaya turut berpatisipasi membangun maupun mempertahankan kedaulatan sekaligus menjaga Kabupaten Rote Ndao dari potensi terjadinya kejahatan transnasional crime.

“pemuda diharapkan berperan aktif dalam pencegahan transnational crime dengan menjadi sumber informasi bagi masyarakat melalui sosialisasi tentang dan dampak dari transnational crime,” ujar Jonas.

Ia berharap organisasi pemuda dapat menjadi sumber informasi pemerintah dalam upaya untuk mendukung penanganan transnational crime.

Sementara itu, Ketua GMKI Ba’a, Frederick Manung mengatakan beberapa isu kejahatan transnasional pernah terjadi di Rote Ndao antara lain dagangan orang dan penyelundupan manusia; imigran gelap, kejahatan lingkungan hidup yang mencakup perdagangan satwa liar, pencemaran biota laut, penangkapan ikan ilegal, perdagangan ilegal serta pemberantasan narkotika dan psikotropika.

Oleh karena itu, lanjutnya, perlu ada perhatian khusus terhadap kejahatan transnasional yang tergolong baru dan berkembang tersebut. Selain itu juga perlu dilakukan langkah-langkah guna mencegah dan mengatasi segala bentuk kejahatan transnasional guna melindungi kepentingan dan kedaulatan Nasional Indonesia.

Frederick berharap dengan kegiatan tersebut dapat tercapai harapan masyarakat yaitu terpeliharanya persatuan, kesatuan dan tegaknya kedaulatan negara serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia khususnya di wilayah Kab. Rote Ndao sehingga dapat pula mendukung program pembangunan pemerintah Nawacita dapat berjalan aman dan lancar baik di bidang pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan serta kondisi Kamtibmas tetap terkendali dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Hadir sebagai narasumber yakni Kasat Reskrim Polres Rote Ndao, Iptu Amru Iksan., Jaksa Pratama/Madya Wira Kejari Rote Ndao, Alexander L. M. Selle, SH., dan Staf Ahli Bid Pemerintah, Politik, dan Hukum Pemda Rote Ndao, Drs. Hanokh Ndoen dan dihadiri ratusan peserta dari Mahasiswa Akademisi, Pimpinan Ormas, Pemuda, Siswa/i dan pimpinan media. (*/r01)