Semarak Paskah di Mokdale, Jalan jalan Bertabur Cahaya Pelita

Mokdale
Semarak Paskah: Lomba Hias Salib Rayon Nusaklain Barat, GMIT Syalom Mokdale

ROOL, BA’A – Perayaan Hari Raya Paskah Jemaat GMIT Syalom Mokdale, kecamatan Lobalain tahun ini dipusatkan di rayon masing-masing.

Menurut ketua Panitia Hari Raya Gerejawi, Meki Foeh, perayaan Paskah sengaja dipusatkan di rayon masing-masing dengan harapan, jemaat lebih fokus menggelar kegiatan paskah dengan berbagai perlombaan yang telah menjadi tradisi Jemaat GMIT Syalom Mokdale dan juga sebagai wisata religi.

“rangkaian kegiatan perayaan Paskah dimulai Jumat Agung 14 April hingga Minggu Paskah (16/4) Subuh sekitar Pukul 04.00 WITA akan digelar pawai obor bersama,” jelas Meki kepada ROOL, Jumat (14/4) kemarin.

Mokdale
Semarak Paskah: Lomba Hias Salib Rayon Nusaklain Barat, GMIT Syalom Mokdale, Jumat (14/4/2017)

Ia menjelaskan secara umum, jemaat masih menggelar lomba seperti tahun-tahun sebelumnya. Antara lain, lomba lampu jalan Paskah, pawai obor dan hias Salib.

“terdapat 15 rayon yang mengikuti lomba paskah, ini sudah menjadi tradisi GMIT Syalom Mokdale,” tambah Meki.

Sementara itu, Ketua Majelis Jemaat GMIT Syalom Mokdale, Pdt John Famaney kepada ROOL, Jumat (14/4) kemarin, mengatakan dengan kegiatan paskah ini menunjukkan bahwa Jemaat semakin sadar akan kehidupan spiritualitasnya.

“iman Jemaat semakin tumbuh dan menyadari paskah tidak sekedar ikut lomba, namun ada kebersamaan dan persekutuan jemaat,” ujarnya.

Pantauan ROOL di sepanjang jalan-jalan di kelurahan Mokdale penuh lampu (pelita minyak). Kalau malam hari tempat ini akan terlihat romantis dan indah. Ada juga rayon yang membuat replika goa tempat Yesus dikuburkan.

Seperti halnya di rayon Nusaklain Barat, banyak pengunjung yang datang berfoto di lokasi hias salib dengan berbagai macam ornamen Paskah, seperti ornamen Tuhan Yesus di atas kayu salib bersama dua orang lainnya yang di salib bersamaan dengan Tuhan Yesus Kristus serta Kayu Salib. (r01)