Rote Ndao Dapat 55 Unit Kapal Nelayan

roolmedia.user.cloudsg01.com, BA’A Pemerintah pusat pada tahun ini memberikan bantuan sebanyak 55 unit kapal ikan untuk para nelayan di Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Rote Ndao, Jermias Kotta melalui Sekretaris Dinas Perikanan, Salmun Haning yang ditemui media pada Rabu (15/3) pagi mengatakan bahwa kapal bantuan sudah ada di TPI Tulandale, Kelurahan Metina. Kapal merupakan kapal bantuan KKP RI dari program pembangunan sentra kelautan dan perikanan terpadu (SKPT).

Ia menambahkan, jumlah keseluruhan kapal bantuan tersebut sebanyak 55 unit kapal yang terdiri dari 45 unit kapal kapasitas 5 GT dan 10 unit kapal kapasitas 10 GT.

Lanjut Salmun, saat ini kapal yang sudah diserahkan oleh pihak ketiga (PT Putra Unggul Manikin) di Tarus Kabupaten Kupang sejumlah 20 unit kapal, yang terdiri dari 10 unit kapasitas 10 GT dan 10 unit kapasitas 10 GT.

Ia belum bisa memastikan kapan waktu penyerahan kapal bantuan karena saat ini masih menunggu alat tangkap, serta surat-surat kapal.

Seperti diketahui, di tahun 2017 ini SKPT dikembangkan di 12 lokasi utama yang tersebar dari Aceh hingga Papua, yaitu Sabang, Mentawai, Natuna, Nunukan, Talaud, Rote Ndao, Sumba Timur, Saumlaki, Morotai, Merauke, Biak Numfor, dan Mimika.

Pemerintah pusat menargetkan pembangunan 12 SKPT tahun ini menggunakan dana APBN senilai Rp 771,8 miliar. (rn-01/*)