Kado Natal, PLN Hidupkan Jaringan Listrik di Desa Oenggaut dan Bo’a

ROOLNEWS.ID • PT PLN (Persero) Wilayah Nusa Tenggara Timur melaunching penyalaan listrik pedesaan mendukung moment Hari Listrik Nasional tahun 2016 sekaligus menjadi kado natal buat masyarakat desa Oenggaut dan Bo’a di kecamatan Rote Barat, Selasa (20/12).

pln-oenggaut“PLN Wilayah NTT meluncurkan penyalaan listrik pedesaan ini juga untuk mendukung momen Hari Listrik Nasional tahun 2016, sekaligus menjadi kado Natal untuk masyarakat di Kabupaten Rote Ndao,” kata General Manager PLN Wilayah NTT Richard Safkaur kepada ROOLNEWS, di Oenggaut, Selasa.

Menurutnya, elektrifikasi di Desa Oenggaut dan Bo’a itu dilakukan sebagai bagian dari upaya PLN untuk menerangi sejumlah daerah yang belum tersentuh akses listrik.

“untuk saat ini merupakan tahap awal penyalaan listrik di dua desa ini yang sudah siap disambung diantaranya di tiga Gereja, satu kantor desa, dan empat rumah dimana ini merupakan mandat dari Direktur Bisnis Regional Sulawesi dan Nusantara untuk mempercepat kenaikan Rasio elektrifikasi di NTT ,” ungkap Richard.

Upaya yang dilakukan PLN dalam Penyalaan Listrik dengan pembangunan Jaringan Tegangan Menengah sepanjang 7,8 kms, Jaringan Tegangan Rendah 6,8 kms dan membangun gardu distribusi sebanyak 3 buah untuk melistriki di dua Desa tersebut.

“memasuki Natal dan Tahun baru tersebut, kami ingin hak Masyarakat terpenuhi, hak para pelanggan di Pulau paling selatan Indonesia dan ini adalah bentuk sinergi Pemerintah dengan PLN, tokoh Masyarakat, dan Kita semua masyarakat setempat untuk bersama menerangi listrik di Pulau Terdepan ini.” tutup Richard.

Sementara itu Wakil Bupati Rote Ndao Jonas Lun yang mengatakan, ini adalah jawaban dari PLN yang terus menjawab dan memenuhi kebutuhan Masyarakat dimana Rote juga merupakan daerah pengembangan pariwisata dan destinasi Nasional terpopuler Selancar di Indonesia dengan peningkatan dampak positif tersebut anak sekolah jadi lebih rajin, para pelaku usaha bisa berusaha dan menunjukkan perkembangan ekonomi.

“jadi masyarakat, mari manfaatkan listrik sebaiknya dan saya atas nama Pemerintah dan masyarakat berterima kasih, ini merupakan kado natal yang membawa Terang Dunia yg dibawa PLN dengan diawali penyalaan listrik di Desa Oenggaut dan Desa Boa, semoga kelak nantinya disepanjang rote ini kedepan akan bersinar,” ujar Jonas.

Hadir dalam kesemptan tersebut, Wakil bupati Jonas C.Lun., Camat Rote Barat, Petson S Hangge., Manajer Area Kupang, Maria Gunawan., GM PT PLN Persero wilayah NTT, Richard Safkaur., Manajer PLN Rayon Rote Ndao, Margi Setiyono., Kadis Pertambangan dan Energi, Daniel Zacharias dan Kapolsek Rote Barat, IPDA Yohanes Suri dan  puluhan warga desa. (rn)