Satlantas Polres Rote Ndao Amankan 25 Kendaraan di SPBU


Ba’a, ROOLNEWS.ID – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Rote Ndao terus gencar melakukan operasi penertiban dan pemeriksaan kelengkapan kendaraan seperti SIM dan STNK di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di wilayah Kabupaten Rote Ndao. Langkah ini diambil sebagai respon terhadap keluhan masyarakat mengenai antrian panjang di SPBU yang diduga disebabkan oleh aktivitas kendaraan tak berdokumen.

Kasatlantas Polres Rote Ndao, IPDA Ferdy Ndaomanu, mengatakan operasi tersebut difokuskan di SPBU Metina, Sanggaoen, dan Longgo yang terletak dekat kota Ba’a dan sekitarnya.

“Operasi ini merupakan respon kami terhadap keluhan masyarakat mengenai antrian panjang di SPBU. Keberadaan kendaraan bodong diduga menjadi pemicu antrian tersebut,” ujar Ferdy kepada media, Selasa (14/5).

Ferdy menambahkan bahwa operasi penertiban yang dilakukan di pintu keluar SPBU telah menunjukkan hasil positif. Antrian kendaraan di SPBU kini tidak separah sebelumnya.

“Walau ada antrian, kondisinya tidak separah sebelumnya. Operasi ini juga diback up oleh personel dari Polres dan Polsek setempat,” jelasnya.

Selain mengurai antrian, operasi ini juga bertujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya menaati peraturan lalu lintas.

“Operasi ini bukan hanya untuk mengurai tumpukan kendaraan di SPBU, tetapi juga untuk membiasakan masyarakat taat aturan berlalu lintas. Itu yang paling penting,” tegas Ferdy.

Ia menambahkan, bagi pengendara yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), diimbau untuk segera mengurusnya sebagai syarat berkendara.

Berdasarkan data Satlantas Polres Rote Ndao, selama operasi penertiban di SPBU, sebanyak 25 unit kendaraan telah diamankan. Dari jumlah tersebut, 18 unit merupakan kendaraan roda dua (R2) dan 7 unit kendaraan roda empat (R4).

“Hingga kemarin (Selasa, 14/5), kami telah mengamankan 25 unit kendaraan. Kebanyakan adalah kendaraan roda dua, mencapai 18 unit, sedangkan roda empat 7 unit,” sebut Ferdy.

Operasi penertiban kendaraan ini akan terus dilakukan Satlantas Polres Rote Ndao untuk menciptakan ketertiban dan keamanan di jalan raya, serta mencegah penyalahgunaan BBM bersubsidi. (*/tim/foto: Rote Malole)