Bupati Rote Ndao Pimpin Apel Akbar ASN, Titip 11 Pesan Penting

Rote Ndao, ROOLNEWS.ID – Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu, SE memimpin Apel Akbar ASN Pemkab Rote Ndao di lapangan upacara kantor Bupati Rote Ndao, Selasa (13/2/2024). Apel ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Drs. Jonas M. Selly, MM, para Asisten, pimpinan perangkat daerah, dan seluruh ASN lingkup Pemkab Rote Ndao.

Dalam arahannya, Bupati Paulina Haning-Bullu menitipkan 11 pesan penting kepada jajaran Pemda Rote Ndao untuk dicermati dan ditindaklanjuti.

Pertama, Bupati meminta langkah-langkah antisipasi diambil untuk menghadapi rawan pangan akibat kekeringan berkepanjangan yang berakibat gagal tanam dan gagal panen.

“Siapkan cadangan pangan untuk masyarakat terdampak. Data-data gagal tanam dan gagal panen segera diusulkan ke provinsi dan pusat,” pinta Bupati Paulina.

Kedua, terkait penyelesaian Peraturan Daerah tentang 22 Desa Persiapan menjadi Desa Definitif.

Ketiga, program rumah layak huni yang belum menjawab kebutuhan seluruh masyarakat.

Keempat, fasilitasi kendaraan operasional yang memadai bagi para Camat untuk menjangkau wilayah dengan tantangannya masing-masing.

Kelima, upaya penurunan angka kemiskinan dan kemiskinan ekstrim melalui pemberian bantuan untuk mendukung usaha dan kerja masyarakat.

Keenam, perangkat daerah bersama lintas sektor terus berjuang menekan angka stunting dan kematian ibu dan bayi. ASN diharapkan memegang teguh janji sebagai Kaka Angkat bagi anak-anak asuh.

Ketujuh, program bantuan beasiswa untuk mahasiswa tetap dijalankan untuk mendukung peningkatan SDM.

Kedelapan, percepatan penetapan Direktur PD Ita Esa definitif.

Kesembilan, pengelolaan APBD di setiap perangkat daerah harus dilaksanakan dengan sebaik mungkin.

Kesepuluh, pembangunan jalan jalur selatan lintas Oeseli-Oebou-Tudameda-Suelain-Oele-Batulilok hingga Nusakdale-Oeledo terus diperjuangkan.

Kesebelas, koordinasi dengan PT. PLN terus dilakukan untuk menjawab kebutuhan listrik terutama pada titik wilayah yang belum mendapat pasokan listrik.

Pada kesempatan ini, Bupati Paulina Haning-Bullu dan Wabup Stefanus Saek menerima buket dari ASN Pemkab Rote Ndao yang diserahkan Sekretaris Daerah Drs. Jonas M. Selly, MM.

Apel Akbar ini menjadi momentum bagi ASN Pemkab Rote Ndao untuk memperkuat komitmen dan semangat dalam mewujudkan visi dan misi pembangunan daerah.

##rn