Tiga Penjabat Bupati Dilantik di NTT, Fokus Utama Atasi Kemiskinan dan Stunting

Kupang, ROOLNEWS.ID – Penjabat (Pj) Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Ayodhia G.L. Kalake resmi melantik tiga Penjabat Bupati di Aula El Tari Kupang, Jumat (16/2/2024). Pelantikan ini ditujukan untuk mengisi kekosongan kepemimpinan di Kabupaten Rote Ndao, Timor Tengah Selatan (TTS), dan Manggarai Timur.

Ketiga Penjabat Bupati tersebut adalah:

  • Oder Maxs Sombu sebagai Pj. Bupati Rote Ndao
  • Seperius E. Sipa sebagai Pj. Bupati Timor Tengah Selatan (TTS)
  • Boni Hasudungan Siregar sebagai Pj. Bupati Manggarai Timur

Sebelum menjabat sebagai Penjabat Bupati, Oder Maxs Sombu mengabdi sebagai Kepala Biro Hukum Setda NTT, Seperius E. Sipa sebagai Sekda TTS, dan Boni Hasudungan Siregar sebagai Sekda Manggarai Timur.

Plt. Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda NTT, Stef Surat, memaparkan bahwa masa jabatan Penjabat Bupati baru paling lama adalah satu tahun. Khusus Pj. Bupati Manggarai Timur dan TTS, mereka harus meninggalkan jabatan sebelumnya dan menunjuk Pelaksana Jabatan (Pj.) Sekda.

Komitmen Penanganan Isu Strategis

Penjabat Bupati Rote Ndao, Oder Maxs Sombu, mengungkapkan komitmennya untuk fokus pada persoalan kemiskinan ekstrem, stunting, dan pengendalian inflasi daerah. Ia tidak akan menggagas program baru, tetapi mengoptimalkan rencana pembangunan yang telah termuat dalam Rencana Pembangunan Daerah (RPD) atau RPJMD.

“Penanganan kemiskinan ekstrem, stunting, dan inflasi daerah akan menjadi prioritas selama saya menjabat,” tegas Oder Maxs Sombu.

Oder juga berencana melakukan rapat konsolidasi bersama Sekda, OPD, dan pimpinan Forkopimda Rote Ndao, diikuti kunjungan silaturahmi kepada tokoh agama, masyarakat, dan adat. Upaya ini bertujuan untuk menampung aspirasi demi suksesnya pembangunan di Kabupaten Rote Ndao. (r1)