Besok, ASL Gelar Bersih-bersih di 5 Titik Lokasi

roolnews.ID • Komunitas Au Sue Lote (ASL) akan menggelar aksi Bersih-bersih Kota Ba’a, Jumat (25/11), besok. Rencananya, kegiatan digelar serentak di 5 titik lokasi di 2 Kelurahan.

Koordinator Komunitas Au Sue Lote, Dewi M. Talomanafe kepada ROOL pada Kamis (24/11) pagi mengatakan kebersihan lingkungan Rote Ndao khususnya Kota Ba’a menjadi tanggungjawab semua masyarakat.

“besok, terdapat lima lokasi titik yaitu, lapangan bola kaki Ba’a, Pelabuhan-BRI-Trend Mode, Tanggul-Pasar Metina-Tondao, Kali Cina-Hotel Grace-Tujuh Bangunan-UD Cahaya Mulia dan Letelangga Kali Jodoh,” jelasnya.

Lima lokasi tersebut  banyak ditemukannya sampah bekas makanan (plastik makanan dan minuman), oleh karena itu, lokasi ini dipilih sebagai sasaran kebersihan.

Menurutnya, kondisi saat ini menunjukkan kualitas kebersihan lingkungan Rote Ndao terutama di Kota Ba’a masih rendah.

Lanjut Dewi, pelaksanaan kegiatan pembersihan ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman terhadap masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan alam dan sekitar. Pihaknya menaruh harapan, dengan kegiatan pembersihan ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan Rote Ndao yang bebas sampah sehingga masyarakat terbebas dari ancaman berbagai penyakit dan bencana alam.

Pihaknya juga berharap, dengan kegiatan pembersihan ini, instansi teknis terkait dapat melimpahkan perhatian seutuhnya terhadap kebersihan dan kesehatan lingkungan Rote Ndao dengan upaya mengoptimalkan fasilitas berupa papan himbauan “Membuang sampah pada tempatnya” serta sejumlah tempat sampah agar kebersihan dan kesehatan lingkungan tetap terjaga.

Sekretaris Komunitas Au Sue Lote, Muhammad Furkan mengatakan, aksi kerja bakti masal rencana akan digelar besok pagi dengan lokasi di Kelurahan Namodale dan Metina, Kota Ba’a.

Pihaknya menargetkan peserta seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Kelurahan Namodale dan Keluarahan Metina. Tidak hanya itu, juga akan diikuti oleh peserta dari Komunitas “Vixion Limitied Rote” (VLR) , Community Matic Rote (CMR), Siswa dan Guru SMA Kristen Siloam, Siswa dan Guru SMP Negeri 1 Lobalain, personel polisi dari Polres Rote Ndao, personel TNI dari Kodim 1627 Rote Ndao, Badan Lingkungan Hidup, Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan serta satuan Pramuka Rote Ndao.

“nantinya sampah yang dikumpulkan, akan diangkut oleh truk sampah untuk dibuang ke TPA” ujar Muhamad Furkan.


(rn01/mv)