29 November, Disbudpar akan Gelar Lomba Mancing di Metina

roolnews.ID • Bagi masyarakat Rote Ndao yang maniak memancing ikan, jangan lewatkan Lomba Memancing Tingkat Kabupaten Rote Ndao yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Rote Ndao.

Lomba memancing ini untuk meningkatkan promosi wisata bahari, khususnya melalui event lomba mancing. Rencananya, akan digelar, Selasa (29/11/2016) hingga Rabu (30/11/2016) di perairan sekitar tempat pendaratan ikan (TPI), kelurahan Metina, Lobalain, Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rote Ndao, Melkias R. Rumlalak, membeberkan, lomba memancing yang digelar Pemda Rote Ndao merupakan salah satu event yang akan menarik wisatawan baik mancanegara maupun domestik ke Rote Ndao. ”tentu Lomba memancing ini akan meningkatkan pendapatan masyarakat, pemerintah daerah dan memotivasi nelayan di Rote Ndao,” kata Melkias, siang tadi.

Lanjutnya, selain memperkenalkan wilayah Rote Ndao sebagai daerah tujuan wisata bahari, lomba ini dapat mengembangkan kesadaran, kepedulian dan rasa cinta wisata bahari pada masyarakat Rote Ndao.

”kita ajak masyarakat yang maniak memancing. Ayo, buktikan kalau jago memancing,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Promosi dan Pemasaran, Rintje J. Foes mengatakan peserta lomba saat ini berjumlah 37 peserta yang berasal dari 10 Kecamatan di Kabupaten Rote Ndao. Lanjut Rintje, kemungkinan peserta nanti akan bertambah, targetnya 50 peserta untuk lomba ini. Menurutnya, lomba ini tentu akan diikuti oleh banyak peserta, hal ini dikarenakan memperebutkan hadiah yang cukup besar. “dari panitia menyiapkan total hadiah sebesar 32 Juta Rupiah ” ujar Rintje.

Untuk mobilisasi peserta ke spot memancing yang telah ditentukan, pihaknya telah menyiapkan 10 perahu motor berjenis lampara. “kami akan menggunakan 10 perahu lampara untuk mobilisasi,” tambah Rintje. Rencananya technical meeting akan digelar Sabtu (26/11/2016) pagi, bertempat dikantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.


(rn01)