Penghuni Kos-kosan Mokdale Jalani Tes Urin

roolnews.ID, BA’A • Tes Urin digelar di kawasan kost-kostan Mokdale oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Rote Ndao, Jumat (28/10/2016) malam.

Para penghuni kostan diharuskan menjalani tes urin, hasilnya tidak ditemukan satu penghuni pun yang dinyatakan positif pengguna narkoba.

narkoba-kosLokasi tes urin itu menyasar kawasan kostan di Kelurahan Mokdale di wilayah RT 14 RW 06. Tak hanya itu, selain warga di kelurahan Mokdale, sebelumnya petugas juga mendatangi beberapa warga kelurahan Metina untuk tes urin.

Kepala BNN Rote Ndao, Mutsuhito Ngulu melalui Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat, Chris Dae Panie mengatakan, tujuan diadakannya tes urine agar masyarakat di lingkungan kelurahannya bebas dari penyalahgunaan narkoba selain itu juga guna mengantisipasi dan menekan peredaran dan penggunaan narkoba di kalangan masyarakat, terutama penghuni kost.

“tujuannya, melaksanakan tes urin bagi penghuni kost untuk mencari penyalahguna narkoba,” ujarnya.

Lanjut Christian, pihaknya menargetkan untuk melakukan test kepada 120 warga yang tersebar di 4 wilayah yakni 2 kelurahan dan 2 desa. Terkait 2 desa lainnya yang akan dituju, ia menyampaikan bahwa desa yang dituju masih dirahasiakan.

Menurutnya, langkah ini sebagai upaya untuk mengkampanyekan gaya hidup sehat jauh dari Narkoba.Ia berharap, warga yang sudah ditest dan hasilnya negatif maka bisa membantu BNN mempromosikan budaya hidup sehat jauh dari Narkoba kepada warga lainnya. “Yang ingin kami capai dari kegiatan ini yakni menekan jumlah orang yang menggunakan narkoba” ujar Christian.

Ia mengatakan, selain itu, langkah ini sebagai upaya membangun kesadaran.Menurutnya, selain melakukan test urine, pihaknya juga gencar melakukan diseminasi informasi dengan mendatangi Kantor dan sekolah untuk memberikan sosialisasi terkait pencegahan penyalahgunaan Narkoba.

Terkait hasil pemeriksaan, Christian mengatakan, dari 30 warga di Kelurahan Metina maupun 20 warga di Kelurahan Mokdale, hasil test negatif.  Dalam test ini, pihak BNN dibantu oleh tim analis laboratorium kesehatan dari RSUD Ba’a dengan menggunakan alat rapid test manual.

Salah satu penghuni kos, Hans Nggebu mengatakan, baru pertama kali mengikuti test urine. Menurutnya, test yang digelar oleh BNN ini sangat positif untuk mengetahui warga di wilayahnya terindikasi Narkoba atau tidak.


(idf/rn01/mv)

Save

Save

Save

Save

Save

Save