Tingkatkan Kualitas Kader, PKK Rote Ndao Gelar LP3

roolnews.ID, BA’A• Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Rote Ndao menyelenggarakan Latihan Pengelolaan Program dan Penyuluhan  (LP3) di Aula Rujab Bupati di Desa Sanggaoen, Jumat (28/10) kemarin.

pkk-rote-ndaoBupati Rote Ndao saaat membuka kegiatan Penyegaran Latihan Pengelolaan Program dan Penyuluhan (LP3) PKK Tingkat Kabupaten Rote Ndao itu mengatakan momentum seperti ini merupakan ajang bagi para PKK sebagai peserta untuk sharing antar sesama yang akan berdampak positif bagi peningkatan kinerja dan optimalisasi peran masing-masing.

Lanjut Haning, melalui pelatihan LP3 PKK dan  lebih khusus melalui pelatihan administrasi kelompok dasawisma maka diharuskan tim penggerak PKK Kecamatan, Kelurahan dan Desa memfasilitasi pembentukan kelompok dasawisma. Hal ini dikarenakan dasawisma merupakan unit terkecil PKK yang dibentuk di dalam satu wilayah RT.

Menurut Bupati, adanya dasawisma sebagai ujung tombak PKK akan membantu pemerintah sebagai suplier data meliputi pendataan jumlah ibu hamil, jumlah bayi baru lahir maupun balita dan anak – anak yang menderita kurang gizi serta mampu menciptakan kegiatan cerdas lainnya seperti pembuatan jamban sehat, pengembangan dana sehat, pengobatan herbal dan lainnya.

Ketua panitia, Regina A.V. Kedoh, kepada ROOL menyampaikan, penyelenggaraan pelatihan bertujuan untuk menanamkan dan mempertebal rasa percaya diri serta menggali dan mengembangkan potensi pengurus PKK dalam melaksanakan kegiatan produktif serta untuk penguatan lembaga PKK sebagai lembaga kemasyarakatan desa dan kelurahan yang produktif, kreatif dan responsif dalam menyukseskan program PKK.

Menurutnya, pelatihan akan digelar 3 hari dari 28 sampai dengan 30 Oktober bertempat di Aula Rujab Bupati.

Narasumber yang dihadirkan yakni Sekretaris Tim Penggerak PKK Provinsi NTT, Retno Nuningsih. Sedangkan peserta 166 orang terdiri dari pengurus PKK Kabupaten sebanyak 27 orang, Ketua dan sekretaris PKK Tingkat kecamatan sebanyak 20 orang dan dari PKK desa sebanyak 119 orang.

“selama 3 hari, mereka akan belajar terkait manajemen pengelolaan program PKK dan Kepemimpinan serta kelembagaan dan pengelolaan administrasi PKK” ujar Regina

Sementara itu, Sekretaris Tim Penggerak PKK Provinsi NTT, Retno Nuningsih memberi apresiasi atas tingginya perhatian Pemkab Rote Ndao terhadap keberadaan PKK. Dengan perhatian yang memadai ini, diharapkan PKK  perlu terus berinovasi dan membangun profesionalisme pengurus PKK sehingga bisa menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah untuk menjawab permasalahan dalam layanan dasar di bidang ekonomi, kesehatan dan pendidikan menuju masyarakat yang sehat dan sejahtera.

Hadir pada kesempatan itu, Bupati Leonard Haning, Wakil Bupati Jonas C.Lun, Ketua PKK Rote Ndao Paulina Bullu Haning, Sekretaris Tim Penggerak PKK Provinsi NTT Retno Nuningsih, serta anggota PKK Kab.Rote Ndao.


(idf/msv/rn01)

Save