Wabup Stefanus Tekankan Pentingnya War on Drugs dalam Peringatan HANI 2023

Rote Ndao | Wakil Bupati Rote Ndao, Stefanus M. Saek, menegaskan betapa pentingnya pemberantasan narkotika dalam sambutannya pada Puncak Peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2023.

Acara yang bertema “Akselerasi War On Drugs Menuju Indonesia Bersinar” ini dihelat di Auditorium Bumi Ti’i Langga pada Senin (26/6) malam.

Stefanus mengatakan kejahatan narkotika sebagai kejahatan luar biasa yang meresahkan masyarakat di dunia dan berpotensi melahirkan kejahatan lain seperti terorisme dan perdagangan orang.

“Peringatan hari anti narkotika internasional ini merupakan wujud dari tekad bersama untuk mencapai tujuan masyarakat internasional yang bebas dari penyalahgunaan narkotika,” ujarnya.

Ia juga mengapresiasi kerja BNNK Rote Ndao yang telah konsisten dalam melaksanakan peringatan HANI.

Menurutnya, kegiatan ini dapat menjadi daya ungkit untuk percepatan penanganan penyalahgunaan obat-obatan dan perdagangan obat-obatan secara ilegal.

“Melalui kegiatan ini juga dapat meningkatkan kesadaran tentang Epidemi Aids dan Hepatitis diantara pengguna narkoba dan memperluas serta memperkuat program pemerintah untuk pencegahan HIV/AIDS dan Hepatitis di daerah ini,” lanjut Wakil Bupati.

Lanjut Stefanus, pemerintah Kabupaten Rote Ndao akan terus mendukung dan bersinergi dengan BNN Kabupaten Rote Ndao. Terutama dalam hal penerbitan regulasi terkait dengan fasilitasi pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika di Kabupaten Rote Ndao.

Sementara itu, Kepala BNNK Rote Ndao, Hendrik J. Rohi, mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung BNNK Rote Ndao dalam menyukseskan program P4GN.

“Marilah kita tingkatkan kebersamaan dalam perjuangan menyelamatkan dan melindungi bangsa Indonesia dari kejahatan narkotika,” ujar Hendrik.

Hendrik juga memberikan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Rote Ndao di bawah kepemimpinan Bupati Paulina Haning-Bullu dan Wakil Bupati Stefanus M. Saek, yang telah membantu BNNK Rote Ndao dalam mensukseskan Program Desa Bersinar dan regulasi lain untuk pencegahan Narkoba.

Adapun acara puncak peringatan ini juga dimeriahkan dengan pentas seni yang dihadirkan oleh Band Lokal Gentana Band dan duta anti narkoba.

Ini merupakan bagian dari komitmen dalam pemberantasan Narkotika di Bumi Sejuta Lontar. (*/TM)