Pengukuhan 111 Maneleo Koordinator di Nusak Lole, Bupati Rote Ndao Serukan Pelestarian Adat-Budaya

Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu, bersama kedua Maneleo; Nusry Zacharias sebagai Koordinator Leo Mbesa dan Polce Dillak sebagai Koordinator Leo Lebo. Jumat, 14 April 2023 | Foto: Humas Pemkab Rote Ndao

roolmedia.user.cloudsg01.com – Bukit Dano Fulak, Dusun Souktuana, Desa Suelain, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao menjadi saksi pengukuhan 111 Maneleo Koordinator di Nusak Lole pada Jumat, 14 April 2023. Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu, mengukuhkan para Maneleo dan menyerahkan tongkat kepemimpinan kepada Nusry Zacharias sebagai Koordinator Leo Mbesa dan Polce Dillak sebagai Koordinator Leo Lebo.

Penyerahan tongkat kepemimpinan kepada dua orang Koordinator Leo tersebut merupakan simbol bahwa mereka telah dikukuhkan menjadi Maneleo Koordinator se-wilayah Nusak Lole.

Bupati Paulina mengingatkan para Maneleo untuk menjadi teladan bagi anak suku (leo), menjaga dan menghidupkan kegiatan-kegiatan yang bernuansa adat-budaya di desanya masing-masing.

“Kiranya para Maneleo yang telah dikukuhkan dapat memelihara adat dan budaya sebagai sebuah warisan leluhur,” ungkap Bupati Paulina.

Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu, Wakil Bupati, Stefanus Saek, Maneleo Ina Huk, Leonard Haning, TNI/Polri, sejumlah Kepala OPD foto bersama para Maneleo yang dikukuhkan di Bukit Dano Fulak, Kecamatan Lobalain. Jumat, 14 April 2023 | Foto: Humas Pemkab Rote Ndao

Srikandi Rote Ndao ini juga menekankan pentingnya menjaga marwah sebagai pemimpin. Bupati Paulina menambahkan bahwa selimut adat yang disematkan di bahu merupakan tanggung jawab untuk mengurus anak leo dan masyarakat yang ada di bawah kepemimpinan.

Maneleo Ina Huk, Leonard Haning, menjelaskan bahwa budaya di Rote Ndao menjadi rujukan hukum tertulis. Diharapkan, jika ada masalah terkait dengan anak Leo, para Maneleo dapat berperan aktif melalui tahapan mediasi.

Sementara itu, Nusry Zacharias, Koordinator Leo Mbesa, menyatakan kesiapannya menjaga kepercayaan yang telah diberikan dan membawa anak-anak leonya menuju kebahagiaan dan kebenaran. Nusry berkomitmen untuk menjadi teladan yang baik serta menjaga kehormatannya sebagai seorang pemimpin agar tidak cedera di mata anak leonya.

Untuk diketahui, Bukit Dano Fulak dikenal sebagai salah satu ikon destinasi wisata elegan di Pulau Rote, Bukit Dano Fulak menampilkan permadani hijau yang membentang luas mirip dengan Bukit Teletubbies. (*/mbp)