Kemenag Rote Ndao Gelar Pembinaan Penyuluh Agama Islam Konten Dakwah via Media Sosial

ROOL • Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rote Ndao menggelar pembinaan konten dakwah via media sosial.

Kegiatan yang dibuka langsung Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Rote Ndao Abnela Fobia, SE  ini dilaksanakan selama dua hari, 16 hingga 17 Maret 2020, dan diikuti 28 orang penyuluh agama Islam (PAI) non PNS  Kemenag Rote Ndao di New Ricky Hotel Ba’a, Senin (16/3/2020).

Abnela mengatakan Penyuluh Agama adalah Garda terdepan Kementerian Agama oleh karena itu perlu untuk dibekali dengan wawasan pengetahuan tentang Bimbingan Penyuluh diantaranya, Wawasan Kebangsaan, Revolusi Mental, Tugas dan Fungsi Penyuluh Agama Non PNS, Komunikasi Penyuluh Agama, Kerukunan Umat Beragama dan Wawasan Al-quran dan hadizt.

Terkait dengan wawasan kebangsaan, Abnel mengatakan diantaranya tentang sejarah pendirian bangsa, konsep Negara dan bangsa, 4 Pilar Kebangsaan (Pancasila, UUD 1945,NKRI dan Bhineka Tunggal Ika), nilai-nilai kejuangan kontomporer, dan daya saing Nasional.

Sementara itu, Revolusi Mental meliputi urgensi dan tujuan Revolusi Mental, tiga nilai revolusi mental, strategi internalisasi nilai revolusi mental, dan posisi Penyuluh Agama Non PNS dalam gerakan Nasional Revolusi Mental.

Juga pembengkalan terkait tugas Penyuluh Agama Non PNS seperti bahan materi bimbingan Penyuluh Agama dalam berbagai bentuk, bimbingan Penyuluhan Agama melalui tatap muka, media, dan konsultasi pada kelompok binaan, laporan hasil bimbingan Penyuluh Agama dan konsultasi.

“sedangkan komunikasi Penyuluh Agama meliputi konsep dasar komunikasi Penyuluhan Agama, Proses komunikasi Penyuluh Agama, komponen-komponen dalam penyusunan strategi komunikasi Penyuluh Agama, dan praktek komunikasi Penyuluhan Agama,” Jelas Abnel.

Juga tentang kerukunan umat beragama diantaranya masyarakat Multikultural, strategi pemeliharaan kerukunan umat beragama/bina damai, factor-faktor penyebab konflik, dan manajemen konflik, serta wawasan Al-quran dan hadizt yang meliputi cara membaca Al-quran, klasifikasi hadizt dan ayat Al-quran dan hadizt pilihan.

Kepala Kantor Kemenag Abnel Fobia berharap agar kegiatan pembinaan ini memberikan manfaat dan motivasi kepada para penyuluh agama dalam melaksanakan tugasnya, termasuk melakukan dakwah melalui media sosial.

Diharapkan kedepan para penyuluh  bisa memanfaatkan informasi dan teknologi (IT) dan media sosial lainnya dengan cerdas dan cermat.

Turut Hadir dalam Kegiatan ini Kepala Seksi Penerangan Agama Islam Bidang Haji dan Bimas Islam Kantor Wilayah Kemenag Prov. NTT Sanu Bajuri, S. Ag, M. Pd, sekaligus sebagai Nara Sumber, Pimpinan Umum RoolNews Ricky Ndolu, S.Kom sekaligus sebagai Narasumber, Kepala Seksi Pendidikan dan Bimas Islam yang diwakili oleh Bendahara Pengeluaran Pembantu Ahmad Minta, Staf Seksi Pendidikan dan Bimas Islam dan Penyuluh Agama Islam Non PNS. (*/Ren_Bolla/Humas_Kemenag.Rote.Ndao/crk)