Inilah Satu Tahun Kepimpinan Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao Periode 2019-2024

Bupati Rote Ndao Paulina Haning Bullu, SE., dalam sambutannya pada syukuran Natal dan Tahun baru 2020 serta 1 Tahun kepemimpinan Tagline Lentera, Bupati Paulina Haning-Bullu, SE dan Wakil Bupati Stefanus Saek, SE,.M.Si, Jumat 14 Februari 2020 bertempat di rumah jabatan Bupati Rote Ndao di bilangan Nee Desa Sanggaoen Kecamatan Lobalain.

Mengulas sejumlah keberhasilan yang diraih berkat kerjasama masyarakat dan sejumlah komponen di wilayah Kabupaten Rote Ndao, oleh karena itu pihaknya berharap agar dukungan itu terus ada.

Birokrasi inilah yang diharapkan untuk dapat mengeksekusi berbagai program pemerintah yang telah ditetapkan dalam Peraturan Bupati Rote Ndao Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Rote Ndao Tahun Anggaran 2020. Penetapan Peraturan Bupati ini secara legal formal sudah sah dilaksanakan untuk kepentingan pembangunan satu tahun ke depan demi kesejahteraan masyarakat Rote Ndao.

Penetapan APBD Tahun 2020 telah memperhitungkan capaian kinerja Pemerintah Kabupaten Rote Ndao pada Tahun 2019  sebagai berikut:

  • Jumlah penduduk miskin telah menurun dari 28,08 persen pada tahun 2018 menjadi 27,08 persen pada tahun 2019.
  • Angka prevalensi Stunting juga menurun secara signifikan dari 44 persen pada tahun 2018 menjadi 30,13 persen pada tahun 2019.

Kesuksesan ini, dicapai melalui pelaksanaan  berbagai program pembangunan yang secara konsisten sehingga kami tetap berkomitmen untuk melanjutkan program-program ini pada masa kepemimpinan kami ke depan yaitu:

  1. Program Lakamola Anan Sio melalui pemberian bantuan pupuk, obat-obatan, alsintan dan benih untuk sektor usaha pertanian, perkebunan dan  peternakan yang terbukti sukses menaikan produksi pertanian pada tahun 2019 sebesar 140,107.3 ton, produksi ternak besar, kecil dan unggas sebanyak 307,285 ekor dan produksi perikanan sebesar 20,238 ton.
  2. Pembangunan saluran irigasi, embung dan cekdam terus dilakukan untuk meningkatkan produksi berbagai produk pertanian.
  3. Peningkatan Alokasi Dana Desa (ADD), Dana Desa (dd) dan bagi hasil pajak pada tahun 2019 dari Rp.151 Miliar meningkat menjadi Rp.156 Miliar pada Tahun 2020.
  4. Peningkatan infrastruktur jalan dari perkerasan ke lapen dan dari lapen ke hotmix yang berimplikasi pada peningkatan kuantitas dan kualitas jalan kabupaten dalam kondisi baik pada tahun 2019 sepanjang 173.60 kilometer dari 161.61 kilometer pada tahun 2018.
  5. Pemberian Beasiswa kedokteran untuk 10 orang, dokter gigi 1 orang, dokter hewan 1 orang, beasiswa untuk anak berprestasi dan keluarga miskin, dan pemberian tugas belajar bagi 6 PNS untuk melanjutkan pendidikan S2 dan S3 untuk meraih beasiswa perkuliahan di luar negeri.
  6. Penyediaan fasilitas alat kesehatan Rumah Sakit, Puskesmas yang lengkap dan pembangunan puskesmas pembantu di setiap kecamatan/desa, saat ini semua puskesmas sudah terakreditasi.
  7. Pengelolaan sampah di lokasi perkotaan, kecamatan maupun di destinasi pariwisata terus digalakkan untuk meningkatkan kesadaran seluruh elemen masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.
  8. Pembangunan 10 rumah layak huni setiap desa dan 5 rumah setiap kelurahan          pada tahun 2019 berjumlah 1.155 unit, pembangunan rumah layak huni  dengan dana apbn dan apbd sebanyak 670 rumah, dan rencana pembangunan 433 rumah layak huni pada tahun 2020 dari dana APBN, APBD dan APBdes.
  9. Pembangunan 3 Unit stadion untuk pelaksanaan El Tari Memorial Cup Tahun 2023.
  10. Pembangunan dan penataan tempat wisata baru dan pelaksanaan event pariwisata yang akan terus menjadi agenda rutin tahunan untuk meningkatkan pesona wisata alam dan budaya yang eksotis.
  11. Program dan kegiatan strategis lainnya untuk menyempurnakan kuantitas maupun kualitas kinerja pembangunan.

Bupati Rote Ndao Paulina Haning Bullu, SE mengatakan sukses kabupaten rote ndao juga dalam meraih penghargaan sebagai urutan I (satu) dari kementerian dalam negeri atas komitmen daerah terhadap aksi konvergensi penurunan stunting tingkat nasional tahun 2019, ia berharap tetap diperlukan kerjasama yang baik dan intent antara pemerintah daerah, masyarakat dan seluruh stakeholder untuk mempercepat pencegahan dan penanganan stunting.

Pemerintah telah sukses menyelenggarakan Festival Mulut Seribu pada tahun 2019 dan tahun 2020 akan digelar lagi festival laut mati dan mulut seribu, komitmen ini merupakan wujud dukungan terhadap pengembangan kawasan mulut seribu sebagai kawasan pariwisata estate dari 7 (tujuh) kawasan pariwisata estate yang ditetapkan oleh pemerintah provinsi Nusa Tenggara Timur.

Pemerintah juga akan menata kawasan alun-alun kota ba’a yang dapat berdampak pada penebangan beberapa pohon namun akan ditanam kembali dengan tanaman keras lainnya agar lebih indah dan asri. dibutuhkan dukungan dari semua pihak terhadap kebijakan ini.

Lanjut Bupati, Tahun 2020 merupakan tahun awal pelaksanaan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) yang menandai sebuah tonggak periode kepemimpinan kami. RPJMD tahun 2019-2024 merupakan periode kemandirian dan daya saing, dimana dalam tahapan RPJMD periode sebelumnya kita telah berhasil melaksanakan pembangunan dengan mencapai target-target yang ditetapkan.

Visi besar kepemimpinan kami selama 5 (lima) tahun yaitu “Terwujudnya Masyarakat Rote Ndao Yang Bermartabat Secara Berkelanjutan Bertumpu Pada Pariwisata Yang Didukung Oleh Pertanian Dan Perikanan”.

Memasuki fase yang baru ini, tentunya dengan tetap berpedoman pada rencana pembangunan jangka panjang daerah (rpjpd) kabupaten rote ndao tahun 2005 – 2025 dimana kita akan tetap fokus pada kebijakan pembangunan yang diprioritaskan pada meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berdaya  saing, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat melalui sektor pariwisata yang didukung oleh pertanian dan perikanan, meningkatkan kualitas dan kuantitas pembangunan infrastruktur, penataan ruang, dan lingkungan hidup yang berkelanjutan dan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, serta meningkatkan pelayanan publik yang prima.

“Marilah Satukan Tekad Dan Derap Langkah Bersama Melalui Damai Natal Dan Semangat Tahun  Baru Serta Momentum 1 (Satu) Tahun Kepemimpinan Bupati Dan Wakil Bupati Rote Ndao Periode 2019-2024 Kita Dukung Dan Sukseskan Berbagai Agenda Pembangunan  Di Kabupaten Rote Ndao Pada Tahun 2020,” Kata Bupati Rote Ndao.

Akhirnya semoga Tuhan yang maha pengasih dan maha penyayang senantiasa melimpahkan berkat, kekuatan dan kesehatan kepada kita semua dalam membangun dan mewujudkan Rote Ndao yang bermartabat. (*tim)