Pemkab Rote Ndao Launching Car Free Day

Kota Ba’a, Kabupaten Rote Ndao, akhirnya miliki kawasan Car Free Day (CFD) di jalan poros kompleks perkantoran Pemerintah Kabuaten (Pemkab) Rote Ndao ‘Bumi Ti’i Langa Permai’.
Launching CFD dilakukan Wakil Bupati Rote Ndao Jonas C Lun, S.Pd, pada Sabtu (3/11/2018), dihadiri jajaran Forum Pimpinan Daerah (Forpimda), para Asisten Setda, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkungan Pemkab Rote Ndao, dan masyarakat Kota Ba’a dan sekitarnya.
Wakil Bupati Jonas Lun kepada media ini mengatakan, kegiatan Car Free Day ini merupakan langkah pemerintah menyiapkan ruang publik khusus bagi masyarakat untuk melaksanakan aktivitas olahraga dan lain sebagainya, dan melakukan pembatasan hilir mudik kendaraan dan mengurangi polusi di kawasan Kota Ba’a pada saat week end.
“Setidaknya seminggu sekali, kompleks perkantoran Bumi Ti’i Langa Permai ini bebas polusi kendaraan bermotor di pagi hari.
Saya sangat senang dan mengapresiasi kegiatan ini karena banyak ASN dan masyarakat yang mengajak keluarganya berolahraga di sini. Saya mengajak seluruh masyarakat memanfaatkan arena CFD ini untuk kegiatan yang positif,” ujar Lun.
Menurutnya, CFD digelar setiap hari Sabtu mulai pukul 06.00 hingga pukul 10.00 Wita, sehingga diharapkan arena CFD ini bisa meningkatkan interaksi sosial masyarakat.
“Kalau selama seminggu sudah disibukkan dengan pekerjaan di kantor, maka di CFD hari Sabtu, bisa berinteraksi dengan masyarakat luas,” ujar Wakil Bupati.
Daniel W Nalle, Kepala Bagian Keuangan dan Aset Kabupaten Rote Ndao yang terlihat jogging di arena CFD mengaku senang dengan digelarnya kegiatan ini.
Menurut Dani, CFD ini juga membuka ruang bagi masyarakat untuk berolah raga bersama dalam kondisi bebas polusi kendaraan. Sehingga, sebaiknya dimanfaatkan oleh masyarakat, terutama anak-anak muda bisa memanfaatkan CFD untuk kegiatan-kegiatan positif.
“Setiap hari Sabtu pagi, saya akan mengajak keluarganya untuk berolahraga sambil menikmati kuliner di sini,” kata Dani, sapaan akrab Daniel.
Pantauan roolnews, hampir seribuan warga Kota Ba’a dan sekitarnya memadati jalan poros di kompleks perkantoran ‘Bumi Ti’i Langa Permai’ saat Launching Perdana CFD tersebut.
Berbagai acara ditampilkan sejak pukul 06.00 Wita hingga pukul 10.00 Wita, di antaranya senam Zumba massal, jogging bersama, dan jalan santai yang dilakukan oleh ASN, siswa SD, SMP, SMA/SMK, serta masyarakat Kota Ba’a dan sekitarnya.
Sepanjang ruas jalan tersebut juga tampak dipadati para pedagang kuliner yang menjajakan dagangannya.
Tampak pula personel Satlantas Polres Rote Ndao sibuk mengarahkan para pengendara yang hendak melewati ruas jalan tersebut menuju Ne’e Mok dan sebaliknya karena belum mengetahui jalur tersebut sudah menjadi arena CFD pada setiap hari Sabtu. (*tim)