Sektor Wisata Penting Bagi Pembangunan Nasional

ROOL • Pariwisata merupakan salah satu bagian penting dalam dimensi pembangunan nasional, yang mencakup lingkungan sosial dan ekonomi. Pariwisata telah menjadi industri yang berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi secara cepat dalam berbagai aspek yaitu kesempatan kerja dan peningkatanbtaraf hidup, melalui sektor usaha ekonomi kreatif dan pariwisata, dengan kata lain pariwisata adalah prime mover bagi sektor- sektor lainnya untuk menggerakkan perekonomian masyarakat.

Dalam mewujudkan sektor ini sebagai prime mover dimaksud maka diperlukan pilar-pilar strategis pariwisata yang meliputi aktifitas, amenitas, atraksi, akomodasi, aksebilitas dan awereness. Oleh karena itu, hendaknya kita selalu berupaya dengan berbagai langkah dan cara untuk terus mengangkat citra pariwisata sebagai salah satu penyanggga pembangunan ekonomi di Nusa Tenggara Timur.

Hal ini selaras dengan salah satu misi dari Pemerintahan NTT yang baru dibawah kepemimpinan saya dan bapak Josef A. Nae Soi yaitu membangun NTT sebagai salah satu gerbang dan pusat pengembangan pariwisata nasional.

Demikian disampaikan Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laikodat dalam sambutan tertulisnya pada pembukaan Lomba Surfing Tahun 2018 di Pantai Bo’a, Kecamatan Rote Barat senin (24/9) lalu yang dibacakan oleh Wakil Bupati Rote Ndao, Jonas C. Lun.

Dikatakan Gubernur, penyelenggaraan Turnamen Surfing Tahun 2018 di Kabupaten Rote Ndao dilatarbelakangi potensi pariwisata didaerah ini yang sebagian besar adalah pesona bahari dan sumber daya kelautan yang beragam. Kondisi ini memungkinkan masyarakat dan pelaku usaha pariwisata untuk mengolahnya menjadi salah satu komoditi usaha pariwisata.

“dukungan sumber daya manusia yang profesional sangat diperlukan untuk membangun usaha pariwisata dan krestifitas di Nusa Tenggara Timur,” kata Gubernur, Viktor Laiskodat.
Menurutnya, dengan adanya sumber daya manusia profesional dan usaha pariwisata serta pelayanan yang berkualitas tentu akan mampu mendorong pariwisata NTT bersaing di dunia internasional dan pada akhirnya dapat memobilisasi kunjungan wisatawan di daerah ini.

Pembangunan pariwisata di NTT lanjut Gubernur hendaknya mengarah pada pengembangan pariwisata estate, dimana pengembangan kawadan industri pariwisata secara terpadu dan dinamis mampu menyediakan pertumbuhan ekonomi yang cepat dalam hal kesempatan kerja, pendapatan, peningkatan taraf hidup serta dalam mebgaktifkan sektor produksi.

Berkaitan debgan hal tersebut tambah Gubernur Viktor Laiskodat, diperlukan kerjasama lintas sektor yang bersinergi dengan mitra pariwisata untuk menyatukan presepsi agar sama-sama mengembangkan pariwisata, sumber daya manusia dibidang pariwisata, persiapan masyarakat maupun sarana dan prasarana pendukung lainnya. Disamping itu perlu melakukan promosi dengan menyelenggarakan berbagai event yang bertaraf nasional maupun internasional baik ditingkat provinsi maupun ditingkat kabupayen/kota untuk menunjukkan kepada dunia luar bahwa NNusa Tenggara Timur merupakan salah satu destinasi pariwisata unggulan.

Kepada para pecinta wisata bahari terutama peserta lomba Gubernur NTT , Viktor Bungtilu Laiskodat meminta untuk menjadikan trunamen ini sebagai sebuah event yang dapat menumbuhkan kecintaan dan minat masyarakat akan wisata bahari, seraya menerapkan sapta pesona dalam setiap aktifitas pariwisata.

Wakil Bupati Rote Ndao, Jonas C. Lun ketika diwawancarai sebuah tv swasta nasional sebelum membuka kegiatan tersebut mengatakan potensi wisata di kabupaten terselan Indonesia ini sungguh luar biasa

“Disepanjang pantai kita sangat indah. Tuhan telah menyediakan alam Rote Ndao yang indah dan sangat banyak. Karena itu melaui event ini kita berharap kedepan kabupaten Rote Ndao semakin dikenal dan menjadi daerah tujuan wisata yang sangat menarik bagi wisatawan baik domestik maupun mancanegara, ” kata Wabup Jonas. Dia menambahkan Lomba surfing ini merupakan bagian dari promosi daerah dan pemerintah daerah Rote Ndao berkomitmen untuk terus memperkenalkan Wisata Rote Ndao kepada dunia luar.

Sementara itu Event Organiser PT. Suara Gangsing Indonesia, Lina Manafe dalam laporannya mengatakan lomba ini sangat diminati peselancar ini terbukti dengan banyak yang mendaftar untuk mengikuti lomba surfing 2018 ini. Berikut nama -nama juara perkategori:
Untuk Juara Ocal Open
1. Papi Killi
2.Mabba Killi
3.Dani Lenggu
4.Adith Lenggu
Untuk Internasional Open Division
1.Pud Rico
2. Alki Kallas
3. Papi Killi
4. Nabba Killi
Untuk Womans Open
1. Alexandro
2. Candella
3. Rebecca
Untuk Under 18 division
1. Olan Lutti
2. Kaka Killi
3. Ishak Mbatu
4. Frejen Nggadas
Pushing lokcal open division
1. Roley Mdigen
2. Amanda
3. Kenedy Galvin
4. Erlin

#advertorial