Marselinus Mesah jadi Penjabat Kades Oenggae

ROOLNEWS • Camat Pantai Baru Fons C Saek, S.Sos, Kamis (6/9/2018), melantikan Marselinus Mesah menjadi Penjabat Kepala Desa (Kades) Oenggae, Kecamatan Pantai Baru, periode 2018-2019.

Pelantikan Marselinus Mesah mengantikan Penjabat Kades Oenggae sebelumnya Yance O Polin tersebut, digelar di gedung gereja GMIT Syalom Oenggae.

Pantauan media ini, hadir dalam kesempatan pelantikan tersebut, anggota DPRD Kabupaten Rote Ndao Miguel H Beama, S.Pd, para tokoh agama, tokoh masyarakat, dan kepala desa se-Kecamatan Pantai Baru.

Sementara itu, Marselinus didampingi rohaniwan Pdt Osias Lusi, dan dua orang saksi dari Kecamatan Pantai baru, masing-masing Burhanudin Yusuf dan Semi Safred T Giri, S.ST.
Camat Pantai Baru Fons C Saek dalam sambutannya mengatkan, pengantian jabatan dalam sebuah organisasi adalah hal yang wajar.

Ia berharap Penjabat Kades Oenggae yang baru harus bekerja sesuai aturan yang berlaku, sehingga tidak berakibat hukum.

Selain itu, Camat Fons juga meminta penjabat baru harus membangun kerja sama dengan seluruh komponen masyarakat Desa Oenggae untuk sama-sama melaksanakan program dan kegiatan pembangun yang masuk ke desa tersebut.

“Jangan nekat melompat pagar dalam pelaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan kemasyarakatan. Harus lihat aturan baik-baik baru kerja karena pemimpin yang lompat pagar akan berakibat fatal. Tidak tahu konsultasi, ragu-ragu tanya ke pemerintah tingkat atas, dan kalau tahu langsung kerjakan,” ujar Fons.

Ia menambahkan, kita ketahui bersama bahwa alam Desa Oenggae tidak bersahabat karena sering terjadi bencana. Oleh karena itu, perlu ada kerja sama dalam melaksanakan pembangunan.

“Saya minta semua komponen dukung Penjabat Kades yang baru, apalagi beliau anak asli desa ini. Siapa lagi yang bisa membangun daerah ini, kalau bukan kita masyarakat Desa Oenggae sendiri,” kata Saek.

Camat juga secara pribadi dan atas nama pemerintah berterima kasih kepada penjabat lama, yang telah merelakan waktu untuk mengabdi kepada masyarakat Desa Oenggae. “Tuhan akan memperhitungan jerih payah selama melaksanakan tugas pengabdian di Desa Oenggae,” pungkasnya.

Terpisah, mantan Penjabat Kades Oenggae Yance O Polin menyamaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Rote Ndao Drs Leonard Haning, MM yang telah mempercayakan dirinya melaksanakan tugas sebagai Penjabat Kades selama 11 bulan dan 12 hari, sejak sejak 27 September 2017.

Menurut Polin, sebagai manusia, tentunya banyak yang belum sempat dilaksanakan, serta ada banyak hal yang tidak berkenan. Sehingga, dirinya memohon maaf sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Desa Oenggae.

“Dalam saya melaksanakan tugas sebagai manusia banyak salah, sehingga dengan momentum ini saya memohon maaf kepada memohon maaf kepada masyarakat Oenggae jika dalam melaksankaan tugas ada hal yang tidak berkenan. Kepada Penjabat Kades yang baru juga hendaknya jika ada program yang baik, maka tetaplah digunakan. Namun, jika tidak baik, maka dievaluasi untuk perbaikan ke depan,” harap Polin.

Penjabat Kades Marselinus Mesah berterima kasih kepada Bupati Rote Ndao dan Camat Pantai Baru yang telah mempercayakan dirinya untuk mengemban jabatan tersebut selama satu tahun ke depan.

Menurutnya, dalam melaksanakan semua tugas-tugas, dirinya akan menggandeng seluruh komponen masyarakat, dan selalu melakukan konsultasi dan memohon petunjuk jika tidak ada hal-hal yang dirinya tidak paham. (tim)