Menteri BUMN resmikan BTS Tenaga Surya di Oebela, Pulau Rote

ROOLNEWS • Menteri Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) Rini Soemarno, Senin (13/8) meresmikan Base Transceiver Station (BTS) Tenaga Surya untuk sistem telekomunikasi pulau terluar yang terletak di Desa Oebela, Pulau Rote, Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Rini Soemarno mengatakan ini pertama kali baginya berkunjung ke Pulau Rote, sebagaimana Presiden Jokowi selalu mengamanatkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan harus merata, dari Pulau terdepan Indonesia.

“sama seperti yang sudah di katakan waktu  Bapak Bupati ke kantor bahwa untuk membantu wilayah Rote Ndao dan  ini adalah satu  harapan permulaan dari komitmen BUMN untuk membantu ekonomi di Pulau Terdepan,” kata Rini.

Sementara itu, Bupati Rote Ndao Leonard Haning mengatakan beberapa bulan lalu saat kunjungan Menteri Kominfo RI di Rote Ndao, Menteri menyampaikan bahwa akan dibangun BTS untuk sistem komunikasi di Rote Ndao dan hari ini (Senin) kita saksikan peresmiannya.

“Kurang lebih dua bulan saja. Sangat cepat, ” ucap Bupati Haning.

Haning berharap masyarakat dapat memanfaatkan secara baik untuk kesejahteraannya.

Untuk diketahui, PLTS sebagai sumber listrik utama perangkat Telekomunikasi BTS di Desa Oebela memiliki kapasitas 4.680 Watt peak yang terdiri dari 18 unit panel surya 260 Watt peak, serta dilengkapi pula dengan 24 unit baterai di area lahan seluas 324 meter persegi.

Direktur Utama PT Len Industri, Zakky Gamal Yasin mengatakan, pihaknya telah melakukan investasi peralatan pada PLTS dan tower yang kemudian disewakan kepada operator telekomunikasi.

“masih banyak daerah tertinggal dan terdepan yang terbatas sarana komunikasi. Dengan diresmikannya salah satu  BTS untuk PLTS untuk sistem komunikasi diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat  melalui komunikasi yang lebih terbuka dan mewujudkan impian anak bangsa di wilayah terdepan dan tertinggal,” Jelas Zakky. (djn)