Leonard Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional

ROOLNEWS • Bupati Kabupaten Rote Ndao Drs. Lenoard Haning, MM., memimpin upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-110, di lapangan pemkab setempat, Senin (21/5/2018).

Dalam sambutan tertulis Menteri Komunikasi Dan Informatika RI Rudiantara yang dibacakan Bupati Drs. Leonard Haning, MM., menjelaskan dalam memperingati Hari Kebangkitan Nasional, Pemerintah mengambil tema pembangunan Sumber Daya Manusia memperkuat pondasi kebangkitan nasional Indonesia dalam era digital.

“Bung Karno  menggambarkan persatuan bangsa seperti layaknya sapu lidi. Jika tidak diikat, maka lidi tersebut akan tercerai berai, tidak berguna dan mudah dipatahkan. Tetapi jikalau lidi-lidi itu digabungkan, diikat menjadi sapu, mana ada manusia bisa mematahkan sapu lidi yang sudah terikat? Gambaran tersebut aktual sekali pada masa sekarang ini. Kita merasakan bahwa ada kekuatan-kekuatan yang berusaha merenggangkan ikatan sapu lidi kita, kita disuguhi hasutan-hasutan yang membuat kita bertikai dan tanpa sadar mengiris ikatan yang sudah puluhan tahun menyatukan segala perbedaan tersebut,” ujarnya.

Inilah masa yang sangat menentukan bagi kita. Inilah era yang menuntut kita untuk tidak buang-buang waktu demi mengejar ketertinggalan dengan bangsa-bangsa lain. Momentum sekarang ini menuntut kita untuk tidak buang-buang energi untuk bertikai dan lebih fokus pada pendidikan dan pengembangan manusia Indonesia.

Pengembangan kapasitas sumber daya manusia juga harus diletakkan dalam konteks pemerataan dalam pengertian kewilayahan, agar bangsa ini bangkit secara bersama-sama dalam kerangka kebangsaan Indonesia.

“semaksimal mungkin fasilitasi peningkatan sumber daya manusia terutama generasi muda agar dimasa-masa yang akan datang akan membawa kejayaan bagi bangsa ini,” ungkapnya. (*/dina/kominfostatper_rn)