Tahun Ini Kodim 1627/Rote Ndao Cetak Sawah 60 Hektare

ROOLNEWS.ID • Kodim 1627/Rote Ndao bersama Dinas Pertanian pada tahun 2017 ini kembali merealisasikan program percetakan sawah.

Dandim 1627/Rote Ndao, Letkol Arh. Budiono yang ditemui media, Senin (29/5) mengatakan tahun ini ditargetkan kembali dilakukan cetak sawah sebanyak 60 hektar di Kabupaten Rote Ndao.

Lanjutnya, program percetakan sawah juga akan dilakukan di wilayah kerja Kodim 1627 yakni di Kabupaten Sabu Raijua yang mana akan dicetak sawah sebanyak 50 hektar.

“cetak sawah merupakan program Presiden Jokowi yang tertuang dalam Nawacita untuk menghilangkan ketergantungan Indonesia dengan beras impor,” jelasnya.

Dandim merincikan cetak sawah akan dilakukan pada tiga lokasi berbeda yakni di Kelurahan Onatali, Kecamatan Rote Tengah sejumlah 37 hektar, di Desa Matasio, Kecamatan Rote Timur sebanyak 20 hektar dan 3 hektar di Desa Ingguinak, Kecamatan Rote Barat Laut. Menurutnya, Keluarahan Onatali lebih banyak dipilih karena sesuai permintaan Dinas Pertanian dan ketersedian lahan yang ada.

“pemilihan lokasi berdasarkan hasil survey yang dilakukan “ ujarnya.

Saat ini tahapan pelaksanaan yang sudah dilalui yakni pembuatan desain lokasi cetak sawah oleh Universitas Nusa Cendana,Kupang serta perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) bersama Dinas Pertanian Kabupaten Rote Ndao.

“bulan Juni dipastikan sudah mulai dicetak sawah karena penyelesaian ditargetkan pada September mendatang,” katanya.

Ia berharap kelompok tani yang menerima bantuan cetak sawah dapat bertangung jawab dalam mengelola sawah dan menjadikan sawah sebagai sumber pendapatan.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Rote Ndao, Stef M Saek kepada media menyampaikan, pihaknya mendukung penuh program cetak sawah yang akan kembali dilakukan pada tahun ini.

Terkait dengan adanya pertambahan lahan sawah baru tentunya akan semakin memperkuat swasembada beras yang dicanangkan oleh Bupati Rote Ndao. (*/r01)