Begini Kronologi Nelayan Asal Bebalain Hilang di Perairan Oelangga

ROOL, BA’A – Nelayan Bebalain yang hilang di parairan di pantai Selatan Rote adalah Yambres Ingguoe (27). Ia adalah warga  dusun Oelangga, Desa Bebalain, Kecamatan Lobalain.

Kapolres Rote Ndao, AKBP Murry Mirranda  melalui Kasubag Humas, Aipda Anam Nurcahyo yang dihubungi, Minggu(2/4) sore kepada media mengatakan, pada hari  Sabtu(1/4) sore, datang ke Mapolsek Lobalain dua orang warga Desa Bebalian, Kecamatan Lobalain, yakni Kepala desa Imanuel Ndun dan salah satu warganya dengan maksud mau melaporkan salah seorang warga Desa Bebalain yang hilang pada saat memancing ikan diperairan Oelangga dengan menggunakan Perahu (sampan).

Lanjut Anam, sesuai kronologis kejadian berdasarkan Informasi yang didapat dari Saksi yang disampaikan oleh kepada Kepala Desa Bebalain yakni pada Selasa (28/3) sekitar pukul 22.00 Wita, korban berpamitan kepada kedua orang tua untuk ikut pergi memancing dilaut bersama ketiga  rekannya Fridson Ketty,Yulius Pello dan Petrus Ketty.

Lanjutnya, sekitar jam 03.00 wita, tanggal 29 Maret 2017 korban tiba- tiba berdiri diatas sampan dan langsung terjatuh kedalam laut disaat 3 orang rekannya sementara memancing bersama pada saat itu saudara korban atas nama Fridson Ketty ikut terjun kedalam laut untuk berusaha menolong korban namun tidak berhasil.

Karena tidak dapat menyelematkan korban, ketiga saksi langsung kembali ke kampung dan menginformasikan kejadian tersebut sehingga warga dengan menggunakan 3 perahu berusaha mencari namun sampai dengan saat ini korban belum berhasil ditemukan.

Anam menambahkan, korban mempunyai riwayat penyakit epilepsi/ayan dimana menurut informasi dalam sebulan 3-4 mengalami kondisi tersebut.

Pada saat korban dan ke 3 rekannya pergi memancing kondisi laut cukup tenang.

Kades Bebalain, Imanuel Ndun menyampaikan sejak Rabu (29/3) sekitar Jam 11.00 wita, dirinya langsung mengarahkan para warga untuk membantu mencari korban dilaut.

Selain itu, pada Sabtu(1/4), setelah tidak berhasil dalam pencarian, ia melaporkan kejadian tersebut kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Rote Ndao.

Sementara itu, Kaban BPBD Kab Rote Ndao, Samuel Nassa menyampaikan laporan masyarakat terkait orang hilang  langsung direspon oleh pihaknya dengan langsung berkoordinasi dengan tim SAR Provinsi NTT.

Lanjutnya, saat ini BPBD dan Tim SAR  telah melakukan pencarian di Pantai Oelangga.

Ia mengatakan pihaknya bersama tim SAR Kupang melakukan pencarian di lokasi Pantai Oelangga.

Untuk diketahui, hingga saat ini tim Basarnas masih terus mencari nelayan yang hilang tersebut. (r-01/tim)