Prajurit Lanal Pulau Rote Diuji Kesiapsiagaannya Lewat Glagaspur Tingkat P1-P2

ROOLNEWS.ID – Komandan Lanal Pulau Rote, Letkol Laut (P) Andrik Irwanto, memimpin jalannya Uji Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) pangkalan tingkat P1-P2 di Mako Lanal Pulau Rote, Selasa (28/5). Uji terampil ini diikuti oleh tim uji dari Komando Latihan (Kolat) Koarmada II yang dipimpin oleh Letkol Laut (P) Fery Kurniawan.

Glagaspur tingkat pangkalan P1-P2 ini bertujuan untuk mengukur kesiapsiagaan prajurit Lanal Pulau Rote dalam menghadapi situasi darurat. Pengujian meliputi berbagai aspek, seperti  penguasaan pos tempur, prosedur peran, penggunaan peralatan pangkalan, hingga kecepatan respons dalam keadaan darurat.

Beberapa materi yang diujikan antara lain penaikan bendera, Peraturan Militer Dasar (Permildas), Peraturan Dinas Dalam (PDD Khas), bongkar pasang senjata, penanggulangan huru-hara (PHH), pertahanan pangkalan (Hanlan), semaphore, penanggulangan kebakaran (PEK), evakuasi medis, menembak, uji tulis, PBB, tali temali, PPM, SAR, dan renang laut.  Kegiatan ini merupakan salah satu fungsi komando yang menentukan tingkat kesiapan operasional satuan, baik secara individu maupun kelompok, dalam menggunakan peralatan dan persenjataan. (*)