Rapat Evaluasi Pemdes, Pj Bupati Rote Ndao Tekankan Agenda Prioritas

Rote Ndao, ROOLNEWS.ID – Pemerintah Kabupaten Rote Ndao menggelar rapat evaluasi penyelenggaraan pemerintahan desa di Gedung Auditorium Bumi Ti’i Langga Permai, Kamis (16/5/2024). Rapat ini dipimpin langsung oleh Penjabat Bupati Rote Ndao, Oder Maks Sombu, dan dihadiri oleh para camat dan kepala desa se-Kabupaten Rote Ndao.

Dalam arahannya, Sombu menekankan empat agenda kerja prioritas bagi pemerintah desa guna mendukung agenda besar Pemerintah Kabupaten Rote Ndao. Keempat agenda tersebut meliputi penanggulangan stunting, pencegahan kematian ibu dan bayi, penanganan kelangkaan BBM, dan pengelolaan dana desa.

“Saya harap para kepala desa bertanggung jawab terhadap pelaksanaan posyandu di wilayah masing-masing untuk menekan angka prevalensi stunting,” tegas Sombu. Ia juga meminta kepala desa memastikan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) sesuai standar gizi dan berkoordinasi dengan tenaga gizi dalam menentukan menu PMT.

Terkait pencegahan kematian ibu dan bayi, Sombu meminta camat dan kepala desa memastikan setiap persalinan dilakukan di fasilitas kesehatan terdekat. Sementara untuk mengatasi kelangkaan BBM, Sombu menginstruksikan kepala desa untuk mendata petani dan nelayan yang membutuhkan BBM.

Pada agenda terakhir, Sombu menyoroti keberhasilan Kabupaten Rote Ndao meraih predikat terbaik dan tercepat dalam penyaluran dan pengelolaan dana desa selama tiga tahun terakhir. Ia berharap capaian ini dapat dipertahankan di tahun 2024.

Rapat evaluasi ini diharapkan dapat meningkatkan sinergitas dan kinerja pemerintah desa dalam mendukung program pembangunan di Kabupaten Rote Ndao. (*/tim | foto: Diskominfostaper_Kab.Rote_Ndao )