Operasi Turangga 2024 di Rote Ndao, Humanis dan Prioritaskan Keselamatan

Rote Ndao, ROOLNEWS.ID – Polres Rote Ndao menggelar Operasi Keselamatan Turangga 2024, Operasi ini mengedepankan tindakan humanis kepada para pengendara dan fokus pada keselamatan di jalan raya.

Kapolres Rote Ndao, AKBP Mardiono, memimpin langsung operasi ini dan turun ke lapangan bersama Kasat Lantas, IPDA Ferdy Ndaomanu, untuk memeriksa kelengkapan kendaraan di simpang tiga Utomo, Sabtu (16/3).

“Sebagai sahabat masyarakat, tentu kami bertindak dengan cara-cara humanis,” kata Kapolres Mardiono kepada awak media.

Operasi ini menindak berbagai pelanggaran lalu lintas, seperti pengendara yang melewati jalur terlarang, tidak menggunakan helm, memakai knalpot brong, kelebihan muatan, dan menggunakan telepon genggam saat mengemudi.

“Kami sampaikan untuk pentingkan keselamatan. Tidak ugal-ugalan di jalan, apalagi menggunakan handphone. Itu berbahaya kepada diri sendiri dan orang lain,” tegas Kapolres Mardiono.

Sementara itu, Kasat Lantas IPDA Ferdy Ndaomanu mengatakan, selama operasi berlangsung, petugas menemukan sejumlah pelanggaran, seperti pengendara yang lupa membawa SIM dan tidak memakai helm.

“Setiap hari pasti ada pelanggaran. Contoh, lupa SIM, dan juga tidak pakai helm untuk pengemudi sepeda motor dan boncengan,” kata Ferdy.

“Hari ini, kami berikan teguran kepada 15 pengendara. 5 teguran untuk roda empat karena tidak membawa SIM, dan 10 teguran untuk roda dua. 7 teguran untuk pengendara yang tidak memakai helm, dan 3 untuk pengendara yang lupa membawa SIM,” rincinya.

IPDA Ferdy Ndaomanu mengingatkan para pengendara untuk selalu memperhatikan kelengkapan surat-surat dan keselamatan sebelum berkendara.

“Keselamatan terpenting, karena keluarga menanti pulang dengan selamat,” tandasnya.

Operasi Keselamatan Turangga 2024 ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya disiplin dan tertib berlalu lintas untuk mewujudkan keselamatan di jalan raya. (*/tim)