Optimalisasi Potensi Perikanan Lokal, Bupati Rote Ndao Serahkan 25 Unit Kapal Ikan Bagi Nelayan

roolnews.id – Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu, menyerahkan bantuan berupa 25 unit kapal ikan “Lentera” berkapasitas 5 GT kepada nelayan setempat. Penyerahan ini dilakukan sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan nelayan dan mengoptimalisasi potensi perikanan lokal.

Acara penyerahan bantuan berlangsung di TPI Tulandale, Kelurahan Metina, Kecamatan Lobalain, Selasa (17/10/2023). Bupati Paulina didampingi oleh sejumlah pejabat setempat seperti Wakil Bupati Stefanus M Saek, Ketua DPRD Rote Ndao Alfred Saudila, dan Kepala Dinas Perikanan Jusup Mesakh, serta perwakilan dari nelayan penerima bantuan.

Dalam sambutannya, Bupati Paulina mengingatkan nelayan penerima manfaat untuk menggunakan kapal ikan tersebut dengan baik.

“Bapak-bapak, kapal ini diberikan untuk mencari ikan guna menghidupi keluarga. Jangan coba-coba jual kapal ini. Kalau sampai ketahuan dijual, saya lapor Polisi,” tegas Bupati.

Paulina juga menyoroti pentingnya keselamatan saat berlayar.

“Ada pelampung dan life jacket yang diberikan. Ini sangat berguna untuk keselamatan saat berada di laut. Jangan buka pelampung ini saat mencari ikan demi keamanan bapak-bapak nelayan,” imbau Bupati.

Tak hanya soal keselamatan, Bupati Paulina juga menekankan pentingnya pendidikan bagi anak-anak nelayan.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPRD Rote Ndao, Alfred Saudila, menyatakan apresiasinya terhadap komitmen Bupati Paulina dalam menyejahterakan masyarakat.

“Kita perlu memberikan dukungan kepada ibu Bupati kita di akhir-akhir masa jabatan ini. Kita harus akui bahwa beliau sangat energik peduli dan membantu masyarakat selama ini,” ujar Alfred.

Lanjut Alfred, bantuan kapal ikan ini adalah bukti nyata kepedulian pemerintah daerah terhadap nelayan. Dia berharap bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan ekonomi keluarga dan daerah.

Dengan bantuan kapal ikan ini, diharapkan masyarakat nelayan Rote Ndao dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil tangkapan, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. (*)