BNNK Rote Ndao Gelar BimTek Bagi Penggiat P4GN di Lingkungan Pendidikan

roolnews.id – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Rote Ndao menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penggiat Pencegahan, Pengenalan, Penyuluhan, dan Pembinaan Terhadap Narkoba (P4GN) di Aula Hotel Ricky Baa selama dua hari, 17-18 Oktober 2023.

Kegiatan ini merupakan bagian dari kebijakan Kota Tanggap Ancaman Narkoba (KOTAN) dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba.

Pada hari kedua Bimtek, Rabu (18/10/2023), menampilkan lima narasumber kompeten. Di antaranya adalah Kabid Kepemudaan dan Olahraga Dinas PKO Kabupaten Rote Ndao Filmon J. Tulle, SE dengan materi P4GN di Sekolah., Pengembangan Karakter Individu sebagai penggiat P4GN oleh Praktisi Maraden Patola, ST., M.Sc, Public Speaking oleh Praktisi Dina Y. Ndun, S.I.KOM, Literasi Digital dalam P4GN (Sosial Media dan Aplikasi Penggiat) oleh Kreator Digital/SMSI Rote Ndao, Ricky Ndolu, S.Kom dan Rencana Aksi Penggiat Anti Narkoba di Lingkungan Pendidikan oleh Penyuluh Narkoba Ahli Pertama Mona E. Siagian, S.KM.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 30 peserta yang berasal dari lingkungan pendidikan, SD dan SMP di Kabupaten Rote Ndao.

Kepala BNNK Rote Ndao, Hendrik J. Rohi, S.H., dalam arahan nya saat menutup kegiatan tersebut mengemukakan pentingnya dukungan dan peran aktif masyarakat dalam pencegahan narkoba.

“Pembentukan Penggiat P4GN dari seluruh komponen masyarakat merupakan langkah strategis untuk mengurangi penyalahgunaan narkoba,” ujarnya.

Ia berharap melalui kegiatan ini, penggiat P4GN dapat membantu dalam upaya pencegahan penyalahgunaan dan peredaran gelap NARKOBA, serta memiliki fungsi dalam memberikan edukasi, pendampingan kepada masyarakat, melakukan penjangkauan untuk rehabilitasi penyalahguna, mengajak masyarakat melaporkan penyalahgunaan narkoba, dan memfasilitasi kegiatan P4GN di lingkungannya.

Acara tersebut ditutup dengan penyamatan PIN dan penyerahan sertifikat kepada penggiat oleh Kepala BNNK Rote Ndao bersama narasumber.

Sementara itu, Stefanus, Kepala Sekolah SMP N 2 Rote Barat, selaku perwakilan peserta, menyampaikan apresiasi atas kegiatan bimtek yang memberikan edukasi serta sertifikat yang dapat menunjang tugas fungsional sebagai guru. (*/mbp/r_humasbnnkrn)