Harhubnas 2023: Bupati Rote Ndao Harapkan Perbaikan Runway Bandara DC Saudale di Tahun Depan

Foto: Lentera Rote/jp

roolmedia.user.cloudsg01.com – Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu, mengungkapkan harapannya agar runway Bandara DC Saudale di Rote Ndao dapat diperbaiki tahun depan. Harapan ini disampaikan dalam acara peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2023 yang berlangsung di Bandara DC Saudale Rote Ndao, Minggu (17/9/2023) sore.

Ia juga menyoroti perjanjian perpanjangan runway yang telah disepakati sebelumnya.

“Kami pun harus mendukung perbaikan dan rencana perpanjangan runway bandara kita, agar pembangunan pada bidang transportasi udara, baik pelayanan maupun fasilitas bandara dapat maju dengan harapan kehadiran pesawat besar bisa dapat terealisasi,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Paulina juga mengapresiasi kepala bandara, staf, dan masyarakat sekitar bandara yang telah bersinergi dalam merayakan Harhubnas tingkat Kabupaten Rote Ndao.

Menurut Bupati, Bandara DC Saudale Rote merupakan aset vital bagi Rote Ndao, memberikan dorongan signifikan terhadap perkembangan pariwisata dan ekonomi lokal.

Dia berharap semua pihak terlibat secara aktif dalam memajukan transportasi dan infrastruktur daerah.

Selain itu, dalam peringatan Harhubnas yang bertema ‘Melaju untuk Transportasi Maju’, Paulina menekankan pentingnya inovasi dan tanggung jawab dalam menyediakan pelayanan transportasi udara.

Untuk diketahui, acara Harhubnas tahun ini diawali dengan kegiatan Sepeda Santai yang melibatkan jajaran UPBU DC Saudale, TNI/Polri, serta ASN Pemkab Rote Ndao. Hadir dalam perayaan tersebut antara lain Wakil Bupati Stafanus M Saek, Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, dan sejumlah pejabat daerah lainnya.

Kepala Kantor UPBU DC Saudale, Samuel Charles Malaikosa, menjelaskan bahwa dalam rangka Harhubnas 2023, telah dilaksanakan Program Padat Karya dengan alokasi anggaran Rp 50 juta untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar bandara. Ia juga menambahkan bahwa pegawai bandara juga berkontribusi dalam membantu para janda, duda dan orang tua di Desa Persiapan Loman dan Desa Lekunik melalui Program Anjangsana berupa paket sembako.

Lanjut Malaikosa, pihaknya terus berkomitmen untuk mempererat kerjasama dan sinergi dengan berbagai pihak dalam upaya memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat Rote Ndao. (*/mbp/jp/Lentera)