Muspel Pemuda GMIT ke-VII di Nemberala, Bahas Ekologi hingga Tantangan Wirausaha di Era Informasi

Nemberala, ROOLNEWS.ID – Musyawarah Pelayanan Pemuda (Muspel) Sinode Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT) ke-VII resmi digelar di Gereja GMIT Imanuel Nemberala Klasis Rote Barat, Jumat (21/06/2024). Acara yang berlangsung hingga Senin (24/06/2024) ini dimeriahkan dengan partisipasi UMKM lokal yang memamerkan produk unggulan mereka.

Seremoni pembukaan Muspel ditandai dengan pembacaan Akta Muspel oleh Wakil Ketua Sinode GMIT, Pdt. Senap Yohanes Ena Blegur, S.Th., dilanjutkan dengan pemukulan tambur oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao, Drs. Jonas M. Selly, MM, dan Ketua Pemuda GMIT, Patje Oktofianus Tasuib, S.Sos.

Gerai UMKM SMA Negeri 1 Rote Barat

Rangkaian acara Muspel meliputi seminar dengan beragam topik relevan bagi pemuda, seperti “Peran dan Tanggung Jawab Ekologis Pemuda GMIT dalam Menghadapi Tantangan Perubahan Iklim”, “Kesiapan Pemuda GMIT Menghadapi Tantangan Wirausaha pada Era Informasi”, dan “Kesiapan Pemuda GMIT Menghadapi Fenomena Ajaran Kristen Progresif”. Selain itu, akan diadakan lokakarya, pemilihan pengurus baru, serta ibadah dan rekreasi bersama.

Menariknya, panitia Muspel turut menggandeng UMKM lokal untuk berpartisipasi. Salah satunya adalah gerai SMA Negeri 1 Rote Barat yang memamerkan hasil karya siswa-siswi, seperti Virgin Coconut Oil (VCO), kecap dari gula air nira, tanggul persembahan dan pot bunga dari tempurung kelapa, topi Ti’i Langga, serta kerajinan tenun ikat khas Rote Ndao.

Kepala SMA Negeri 1 Rote Barat, Yoseph Ndoloe, menjelaskan bahwa keterlibatan pihaknya dalam Muspel ini bertujuan untuk memperkenalkan produk unggulan dan kreativitas siswa kepada khalayak luas. (Editor: rn | Foto: jm/diskominforn)