Hingga 26 November, Polres Rote Ndao Gencarkan Razia Lalu Lintas

roolnews.ID, BA’A • Jajaran Satuan Polisi Lalulintas Polres Rote Ndao menggelar Operasi Zebra Turangga 2016 mulai Rabu (16/11/2016) hingga Sabtu (26/11/2016). Diharapkan dengan digelarnya operasian ini ketertiban berlalulintas semakin meningkat sehingga potensi kecelakaan bisa dikurangi.

Kasat Lantas Polres Rote Ndao,  Iptu Andri  Arianzah yang ditemui media usai Apel Gelar Pasukan pada Rabu (16/11) pagi, di lapangan Mapolres Rote Ndao menyampaikan terkait target wilayah pelaksanaan Operasi Zebra, pihaknya memfokuskan wilayah operasi di Polsek-polsek, daerah yang rawan kecelakaan lalu lintas dan rawan kendaraan yang masuk dari luar ke dalam wilayah Rote yakni di Pelabuhan Feri Pantai Baru, Pelabuhan Ba’a, Bandara DC Saudale serta di pasar-pasar.

Andri mengatakan, untuk kendaraan yang akan ditindak dalam operasi ini, mencakup semua jenis kendaraan yang ada.

Pihaknya juga   akan memeriksa kendaraan jenis pick up berplat hitam tapi digunakan sebagai angkutan umum.

Selain itu, akan pula diperiksa truk – truk yang kelebihan  muatan karena berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Untuk operasi Zebra, akan dilaksanakan dari 16 Hingga 26 November mendatang. Jika dalam operasi ditemukan adanya pelanggaran dari para pengendara, maka kendaraan akan disidangkan di Pengadilan Negeri setiap hari Jumat.

Dalam giat operasi, akan dilibatkan pula dari berbagai instansi terkait.

“dari Dinas Perhubungan dan Dinas Pendapatan Daerah untuk melihat ker dan pajak mati” ujarnya.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati Rote Ndao Jonas C Lun saat Apel Gelar Pasukan pada Rabu (16/11) di lapangan Mapolres, menyampaikan pelaksanaan operasi gelar pasukan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel dan sarana pendukung sehingga kegiatan operasi dapat berjalan optimal.

“dengan pelaksanaan operasi Zebra diharapkan dapat meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya, meminimalisasi pelanggaran kecelakaan lalu lintas, menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, serta meningkatknya kepercayaan masyarakat terhadap Polri” katanya.


(rn01/ido/mv)