Bupati Paulina kembali Lantik 10 Pejabat di Objek Wisata Tiang Bendera

Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu memimpin acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan 10 Pejabat Administrator Eselon III A, IV A, dan IV B, di lokasi objek wisata Tiang Bendera, Desa Ba'adale, Kecamatan Lobalain, Sabtu (09/10/2021) petang. Foto: Dok.ROOLNews

ROOLNews—Setelah melantik 73 pejabat di lokasi objek wisata Tiang Bendera, Desa Maubesi, Kecamatan Rote Tengah, Rabu (06/10/2021), Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu kembali melantik dan mengambil sumpah 10 Pejabat Administrator Eselon III A, IV A, dan IV B, di lokasi objek wisata Tiang Bendera, Desa Ba’adale, Kecamatan Lobalain, Sabtu (09/10/2021) petang.

Bupati Paulina dalam sambutannya mengatakan, pelantikan kali ini merupakan pengisian lowongan dan penyegaran, dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan, guna peningkatan kinerja pelaksanaan tugas dan pelayanan masyarakat.

Menurutnya, pemilihan lokasi objek wisata sebagai tempat pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat karena merupakan aset yang harus terus dijaga, dipelihara, serta dipromosikan. Sehingga, dikenal luas dan pada akhirnya akan memberikan dampak peningkatan ekonomi masyarakat sekitar lokasi wisata yang ada.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, kata dia, tentunya geliat ekonomi di objek-objek wisata sangat terdampak karena adanya pembatasan kegiatan masyarakat. Sehingga, dirinya memilih untuk melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah di lokasi-lokasi wisata, agar para pejabat yang dilantik membayar karcis masuk untuk membantu menggerakkan ekonomi pelaku usaha yang ada di objek wisata setempat.

Bupati Paulina berpesan kepada para pejabat yang dilantik agar komitmen untuk melaksanakan tugas sesuai Pakta Integritas yang ditandatangani, harus benar-benar dilaksanakan sebagai kewajiban terhadap masyarakat, bangsa, dan negara.

“Jabatan merupakan kepercayaan Tuhan melalui pimpinan, sehingga wejangan dan tuntunan Tuhan yang disampaikan oleh pendeta dan ustad dalam pelantikan harus menjadi pegangan dalam pelaksanaan tugas, dan dibarengi dengan disiplin, profesional, dan inovasif sebagai komitmen pelayanan kepada masyarakat, bangsa, dan negara,” kata Bupati Paulina.

Khusus bagi Camat Rote Selatan Polce Manafe yang dilantik Bupati Paulina berharap sebagai pimpinan wilayah harus berkomitmen melayani masyarakat, merangkul seluruh komponen, serta harus pandai membawa dan menempatkan diri, sehingga permasalahan yang ada di wilayah tersebut bisa diselesaikan dengan baik karena harus diakui akibat pelaksanaan Pilkades Serentak beberapa waktu lalu, masyarakat jadi terkotak-kotak.

“Keputusan pengangkatan camat adalah kewenangan Bupti, tetapi saya tidak mengambil dari Thie atau Dengka untuk menjadi Camat Rote Selatan. Saya ambil putra terbaik Rote Selatan untuk menjadi camat di sana, sehingga Pak Polce Manafe harus belajar dari para pendahulu untuk memimpin Rote Selatan. Kalau tahu langsung kerjakan, ragu-ragu konsultasi, kalau tidak tahu bertanya,” pinta Bupati Paulina.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Rote Ndao Meilon B Sula saat ditemui usai acara pelantikan menjelaskan, pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Bupati Rote Ndao Nomor: Kep.821/144/BKPP/2.2 tanggal 8 Oktober 2021, tentang Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dalam jabatan Administrator dan Kepala UPTD Puskesmas di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rote Ndao.

Ia menjelaskan, 10 pejabat yang dilantik terdiri dari 3 orang eselon III A, yakni Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) Erna Purnamasari Aked, Sekretaris Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup (Perkim-LH) Desi Indramaya AN Haning, dan Camat Rote Selatan Polce M Manafe.

Pejabat eselon IV A, yakni Petraf W Oktavianus, Richard M Manafe, Yedi YM Helly, Yohana M Hynna, dan Daud J Pelondou. Sedangkan eselon IV B, yakni Jacobis Zacharias dan Jefry W Serah.

Pantauan roolmedia.user.cloudsg01.com, hadir dalam pelantikan tersebut Ketua Pengadilan Negeri (PN) Rote Ndao Beauty DE Simatauw, Dandim 1627/Rote Ndao Letkol (Inf) Educ Permadi, Wakapolres Rote Ndao Kompol I Nyoman Surya Wiryawan, yang mewakili Kajari Rote Ndao I Wayan Wiradarma, Sekda Jonas M Selly, Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Armis Saek, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Meilon B Sula, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daniel W Nalle, Kadis Transnaker Fredrik Haning, Kadis Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan Joni Manafe, Kadis Perhubungan Elias Talomanafe, Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Daud D Bessie, Kabag Umum Handryans Bessie, anggota TBUPP Yanto Ekon, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan ASN lingkup Pemkab Rote Ndao. (team)