Bupati Paulina Buka Rangkaian Kegiatan TMMD ke-111

Bupati Paulina Haning-Bullu dan Wakil Bupati Stefanus M Saek bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Rote Ndao, foto bersama Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Legowo WR Jatmiko usai pembukaan TMMD ke-111, di aula bagian belakang Markas Kodim 1627/Rote Ndao, Selasa (15/06/2021). Foto: Dok.TS

ROOL • Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu membuka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 Tahun Anggaran 2021, yang akan dilaksanakan 15 Juni hingga 14 Juli mendatang, di Desa Lekona, Kecamatan Pantai Baru.

Seremoni acara pembukaan kegiatan TMMD tersebut, dilaksanakan di aula bagian belakang Markas Komando Distrik Militer (Kodim) 1627/Rote Ndao, Selasa (15/06/2021), dan dihadiri Komandan Korem (Danrem) 161/Wira Sakti Brigjen TNI Legowo WR Jatmiko bersama Ketua Persit KCK Koorcab Rem 161 PD IX/Udayana.

Brigjen TNI Legowo WR Jatmiko dalam arahannya mengatakan, Program TMMD yang dilaksanakan secara nasional bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat. Sementara sasaran kegiatan fisik dan non fisiknya tergantung kerja sama antara Dandim dan kepala daerah (Bupati), mana yang perlu segera direalisasikan.  

“Kalau yang lebih penting itu pembukaan jalan akses desa, maka itu yang dilaksanakan. Namun, untuk TMMD ke-111 di Rote ini karena saluran irigasi di Desa Lekona itu butuh segera dikerjakan, maka fokusnya pembangunan dan rehabilitasi saluran irigasi tersebut,” katanya.

Sedangkan sasaran non fisik, ujar Danrem Jatmiko, diarahkan untuk membangun daerah, guna meningkatkan ketahanan wilayah baik ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, serta pertahanan dan keamanan (Ipoleksosbudhankam) supaya lebih tangguh lagi.  

Brigjen Jatmiko berharap TMMD ke-111 di Desa Lekona, Kecamatan Pantai Baru ini akan menjadi stimulus bagi pemerintah daerah bersama masyarakat dan didukung TNI/Polri dalam membangun Rote Ndao yang lebih baik kedepannya, sesuai dengan tema TMMD ‘Sinergitas untuk Membangun Negeri’.

Berpartisipasi Aktif

Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu dalam sambutan mengatakan, TMMD adalah wujud Bakti TNI dan merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan pemerintah yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan daerah.

Bupati Paulina meminta kepada pimpinan OPD lingkup Pemkab Rote Ndao dan pimpinan instansi vertikal di wilayah Kabupaten Rote Ndao yang memiliki keterkaitan dan telah menyatakan siap berpartisipasi dalam kegiatan TMMD ini, agar melaksanakan sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh Kosatgas TMMD. Juga kepada Camat Pantai Baru dan staf, Kepala Desa Lekona beserta perangkatnya, bersama seluruh masyarakat berpartisipasi aktif selama pelaksanaan kegiatan, agar hasil yang dicapai sesuai dengan harapan masyarakat dan dapat berguna dan dimanfaatkan untuk kepentingan bersama.

Bupati Paulina juga berharap TMMD dapat secara rutin dilaksanakan setiap tahun, agar dampak dan manfaat nya bisa dirasakan oleh masyarakat, sejalan dengan upaya pemerintah dalam percepatan dan pemerataan pembangunan di desa dengan program-program Pemerintah Pusat maupun daerah.

Mengakhiri sambutannya, Bupati Paulina atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Rote Ndao menyampaikan terima kasih kepada Danrem 161/Wira Sakti, Dandim 1627/Rote Ndao beserta seluruh jajaran atas terselenggaranya TMMD ke-111.

150 Personel Gabungan

Sebelumnya, Dandim 1627/Rote Ndao Letkol (Inf) Educ Permadi dalam laporannya menjelaskan, yang terlibat dalam kegiatan TMMD di Desa Lekona berjumlah 150 personel gabungan, yang terdiri dari 15 personel Kosatgas, 25 personel tim asistensi dan penyuluh yang merupakan gabungan TNI/Polri, BNN Kabupaten Rote Ndao, UPT KPH Rote Ndao, Dinas Sosial, Pertanian, Peternakan, BPBD, dan instansi terkait lainnya di lingkup Pemkab Rote Ndao.

“Seluruh personel Satuan Setingkat Kompi (SSK) yang terlibat dalam Satgas TMMD ke-111 Kodim 1627/Rote Ndao berjumlah 110 orang, yang terdiri dari personel Kodim 1627/Rote Ndao, personel Batalyon Infanteri 743, personel Polres Rote Ndao, Personel Lanud El Tari dua orang, dan personel Lanal Pulau Rote lima orang,” katanya.  

Dua sasaran pelaksanaan TMMD ke-111 di Desa Lekona, jelas Dandim Educ, yakni sasaran fisik berupa pembangunan dan rehabilitasi saluran irigasi Su’uhu. Sementara sasaran non fisik adalah penyuluhan dan kegiatan lain yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, seperti menggandeng Dinas Peternakan untuk kegiatan inseminasi buatan, Dinas Pertanian untuk kegiatan pembukaan lahan tidur, UPT KPH Rote Ndao untuk melaksanakan penanaman bibit pohon dalam rangka penghijauan di lahan kritis.

Selain itu, kata Dandim Educ, akan dilakukan juga sosialisasi Bela Negara, Wawasan Kebangsaan, bahaya terorisme dan paham radikalisme, Desa Siaga Covid-19), Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), hukum dan kamtibmas, keagamaan, Keluarga Berencana dan PKK, pelayanan publik dan kependudukan, serta penyuluhan lainnya sesuai kebutuhan.

“Kami berterima kasih kepada Ibu Bupati yang telah mengarahkan seluruh OPD untuk mendukung suksesnya kegiatan TMMD di Desa Lekona, dan harapan kami TMMD dapat mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan sesuai tema besar TMMD ‘Sinergi untuk Membangun Negeri’,” tutup Dandim Educ. (tim/TS-02/tscom)