Cegah Corona, KITA dan TP-PKK Semprot Cairan Disinfektan dan Bagi MaskerCovid-19

ROOLNEWS • Aksi peduli Covid-19 Komunitas Ita Esa (KITA) dan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) bekerjasama dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur melakukan penyemprotan Disinfektan dan membagikan masker gratis bagi pedagang dan pengunjung Pasar Metina, Kecamatan Lobalain, Selasa (24/3/2020). 

Aksi peduli Covid-19 ini dilakukan Komunitas Ita Esa dan TP-PKK bersama Bupati dan rombongan mendatangi Pasar Metina. Sebelumnya juga dilakukan sosialisasi dengan pengeras suara dalam beberapa hari terakhir.

Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu, SE bersama komunitas tersebut terus melakukan sosialisasi pencegahan penularan Covid 19 di beberapa titik lokasi di Kota Ba’a dan pasar tradisional, Selasa (24/3/2020).

Bupati mengajak pengunjung pasar untuk hidup sehat, menjaga jarak, rajin cuci tangan dengan sabun dan upaya lainnya, termasuk agar anak-anak tetap di rumah.

Aksi peduli Covid-19 dihadiri Wakil Bupati Stefanus M Saek, Kaban Bapelitbang Frengki Haning, Kabag Umum Humas dan Protokol Handryans Bessie, Kadis Pertanian Salmun Haning bersama rombongan lainnya.

Semprot Disinfektan dan Bagi Masker

Ketua Pelaksana Komunitas Ita Esa Guntur Bartels kepada wartawan saat melakukan penyemprotan di Pasar Metina mengatakan kegiatan ini bentuk keprihatinan terhadap kondisi penyebaran virus Corona. 

“penyemprotan disinfektan ini dilakukan sebagai upaya membantu pemerintah dan masyarakat yang kini berjuang untuk menekan penyebaran Covid-19 di Rote Ndao,” katanya.

Lanjut Guntur, walaupun saat ini Disinfektan sudah tidak dijual di pasaran, namun Komunitas Ita Esa membuat sendiri Disinfektan mempergunakan bahan-bahan yang tersedia, seperti pemutih pakaian, pembersih lantai So Klin, dan pembersih toilet Wipol dengan komposisi sama seperti Disinfektan.

“Kami sudah mulai penyemprotan sejak Senin (23/3) petang, di kantor Bank NTT dan pertokoan sepanjang Jalan Pabean, Kelurahan Namodale. Kegiatan ini akan kami lanjutkan beberapa hari ke depan di sejumlah titik lainnya di Kota Ba’a dan sekitarnya,” ujarnya.

Guntur mengajak komunitas, organisasi sosial, kemasyarakatan dan kepemudaan lainnya untuk bersama-sama mengambil bagian dalam upaya pencegahan dan menekan penyebaran Covid-19 di Rote Ndao.

“Kami mengajak siapa pun untuk terlibat dalam aksi nyata ini, komunitas, organisasi sosial, kemasyarakatan dan kepemudaan lainnya untuk bersama-sama mengambil bagian dalam upaya pencegahan dan menekan penyebaran Covid-19 di Rote Ndao.” Ajak Guntur.

Sementara itu, Pengurus TP PKK Kabupaten Rote Ndao Yohana Larimanu mengatakan, pihaknya terpaksa membuat sendiri (menjahit) masker dengan menggunakan bahan kain karena stok masker di Rote Ndao kosong.

“Kami ibu-ibu TP PKK membuat sendiri masker karena stok di apotek dan minimarket habis. Kami sudah produksi sekitar 1.000 lembar masker yang akan dibagi kepada para pedagang di pasar-pasar dan masyarakat yang melaksanakan kegiatan di ruang-ruang publik,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu menyampaikan apresiasi kepada Komunitas Ita Esa dan TP PKK yang sudah dengan swadaya melakukan penyemprotan Disinfektan dan pembagian gratis masker bagi warga.

“Memang Pemkab belum melakukan hal ini, tapi kami beri apresiasi kepada Komunitas Ita Esa dan TP PKK yang telah berinisiatif membantu pemerintah. Kami berharap inisiatif yang sama dilakukan komponen masyarakat lainnya guna membantu masyarakat dalam mencegah Covid-19,” tutupnya.

Pantauan ROOL, penyemprotan Disinfektan dilaksanakan pada sejumlah titik, yakni Pelabuhan Ba’a, Pasar Metina, Polsek Lobalain, Satlantas Polres Rote Ndao, Pusat Kuliner Ba’a, kantor Pegadaian, Capem BNI-46, BPJS Kesehatan, Toko Tujuh Jaya, RSUD Ba’a, Bandara DC Saudale, dan Makodim 1627/Rote Ndao. (*/idf/rn)