Bagi Hasil UNBK, Siswa SMKN 1 Pantai Baru Kenakan Pakaian Adat dan Gelar Ibadah Syukur

ROOL NEWS • Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Pantai Baru kembali menorehkan prestasi positif di penghujung tahun akademik 2018/2019. Hasil pengumuman, SMK itu kembali meraih angka kelulusan sempurna alias 100 persen.

Tak hanya itu, ada tiga siswa juga mencetak nilai UNBK dengan skor yang baik. Hasil itu terungkap dari pengumuman kelulusan yang disampaikan Senin (13/5/2019).

Tiga lulusan terbaik SMK Negeri 1 Pantai Baru dengan skor 199, atas nama Helsi Anita Loinak dari Jurusan ATPH, Yandri Beama dengan skor 198 dan Jurusan (TKJ) Susanti Bulan (NKPI) dengan skor 197.

Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Pantai Baru, F.L. Suyatna, S.Pd mengatakan untuk tahun 2019 ini, angka kelulusan SMK Negeri 1 Pantai Baru meraih kelulusan 100 persen.

Meski prestasi moncer, namun para siswa SMK Negeri 1 Pantai Baru tetap tak jemawa. Mereka pun tak melakukan euforia seperti lazimnya banyak dilakukan siswa sekolah lain.

Para siswa justru merayakan kelulusan dengan menggelar Ibadat Syukur dan menggunakan pakaian adat Rote mewarnai pengumuman kelulusan.

Selain menggunakan pakaian adat, siswa datang mendengar pengumuman kelulusan kompak bersama orang tua masing-masing. Hal itu dimaksudkan untuk mencegah aksi coret pakaian seragam.

“penggunaan pakaian adat Rote saat pengumuman kelulusan dimaksudkan untuk menanamkan semangat berlandasan kebudayaan kepada generasi muda,” Jelas Suyatna.

Menurutnya, ada dua makna yang tersirat. Pertama, ibadah syukur kelulusan merupakan bentuk pelepasan siswa kepada orangtua dan pengembalian tanggung jawab dari sekolah kepada orangtua untuk melanjutkan cita-cita anaknya.

Kedua, menunjukkan bahwa menggunakan sarung tenun ikat sebagai bentuk cinta terhadap budaya serta mendukung program Gubernur NTT menjadikan budaya bagian dari pariwisata.

Lanjutnya, tahun ajaran 2018/2019 siswa yang mengikuti ujian sebanyak 27 siswa dari 3 jurusan.

“jumlah siswa sebanyak 27 orang, dari tiga jurusan yakni Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) sebanyak 11 siswa, Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) berjumlah 5 siswa serta Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) sebanyak 11 siswa. Sehingga, total yang ikut UNBK sebanyak 27 siswa,” jelasnya. (*/if/rn)