Camat Rote Barat Buka Pelatihan Hidroponik di Sedeoen

ROOLNEWS • Camat Rote Barat, Petson Hangge didampingi Plt Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Rote Ndao, Tatas M. Pello., dan kepala bidang Teknologi Tepat Guna (TTG) DPMD, Handryans Bessie membuka Pelatihan Pembuatan Hidroponik untuk dua kelompok warga di desa Sedeoen dan desa Nemberala, yang bertempat di Pendopo Sedeoen, Senin (26/3/2018) pagi.

Dalam sambutannya, Petson menyampaikan kepada peserta pelatihan tentang Hidroponik dan pertanian organik, agar nantinya memiliki pemahaman, menambah wawasan serta bekal dan keterampilan, untuk mampu mengimplementasikan serta mengintergrasikannya dalam lingkup kecil dan mampu mengembangkannya dalam dunia usaha.

“dengan pelatihan Hidroponik ini, kedepan ketika kita cari sayur, sudah ada dihalaman rumah, kita tidak perlu tunggu hari pasar. Selain itu, kedepan ketika Hidroponik ini menjadi usaha ekonomi, bisnis, ini akan menjadi pemasok sayur ke hotel-hotel yang ada di Rote Barat”, Jelasnya

Petson berharap dengan adanya pelatihan ini, mampu meningkatkan pemahaman dan pengetahuan, serta kemampuan dan keterampilan para peserta untuk menyerap ilmu tentang Hidroponik yang nantinya dapat bermafaat dan bisa di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“hidroponik ini punya potensi yang besar, serta mencukupi kebutuhan gizi sayuran keluarga sehingga mengurangi biaya belanja konsumsi,” Ujarnya.

Sementara itu, Plt Sekretaris DPMD Kabupaten Rote Ndao Tatas M Pello mewakili Kepala DPMD Jermia A J Messakh, Senin (26/3), mengatakan sebelum terjun langsung untuk mengelola tanaman hidroponik, pihaknya terlebih dahulu memberi pelatihan dan bimbingan kepada para peserta.

“sebelum membuat lahan untuk penanaman hidroponik ini, kami melakukan pelatihan dan bimbingan dulu, diberi pemahaman tentang tata cara membudidayakan tanaman hidroponik,” Kata Pello.

Lanjut Pello, ada keuntungan hidroponik diantaranya, sistem tanam hidroponik hanya menggunakan media air dan nutirisi untuk menumbuhkan tanaman dan dapat dilakukan di tempat yang sempit. “bahkan kita bisa lakukan di halaman rumah. Teknik ini juga jauh dari penyakit atau hama,” Jelasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Camat Rote Barat Petson Hangge, Plt Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Rote Ndao Tatas M Pello, kepala bidang Teknologi Tepat Guna (TTG) DPMD Handryans Bessie, kepala desa Sedeoen Marthinus Kay, kepala Desa Nemberala Bernad Lenggu serta jajaran perangkat desa yang terkait.

Adapun pelatihan ini akan berlangsung selama tiga hari, mulai 26-28 Maret 2018. (*/r01)