Kades di Rote Ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas

ROOLNEWS.ID • Sejumlah kepala desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan operator sistem keuangan desa (siskeudes) di kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas dalam melaksanakan program pembangunan di daerah itu.

Kegiatan pelatihan di Ba’a, Kamis, diikuti sekitar ratusan peserta dari aparat desa yang ada pada sepuluh kecamatan di Kabupaten Rote Ndao, kegiatan ini berlangsung di aula Videsy – Ba’a, 22 Maret hingga 5 April 2018.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Rote Ndao, Jermia A J Messakh, kepada ROOLNEWS mengatakan, kegiatan ini untuk menambah kapasitas bagi kades maupun BPD dan tenaga operator yang ada di Rote Ndao dalam rangka memperbaiki kinerja mereka dalam melaksanakan pembangunan di wilayah masing-masing.

“ini program rutin, pemberdayaan peningkatan kapastitas aparat desa itu pegang peran penting di desa. Peningkatan kapasitas ini kita libatkan BPKP, Kejakasaan dan Kepolisian untuk berikan pemahaman hukum terhadap mereka. Tentunya, dengan kegiatan ini para peserta juga dapat meminta pendapat, petunjuk dan pendampingan dalam pengelolaan dana desa,” Jelas Jermia.

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut melibatkan pemateri dari BPKP, Kejakasaan dan Kepolisian, bertujuan agar para kepala desa memiliki pemahaman yang sama, mengerti dan memahami penyimpangan dana desa.

“para peserta diberikan penyegaran tentang peningkatan kapasitas sehingga dalam melaksanakan tugas-tugas di desa sudah sesuai dengan apa yang menjadi ketentuan. Jangan sampai karena kepala desa tidak memahami prosedur adminsitrasi, mereka kemudian masuk penjara,” kata Jermia. (*/r01)