38 Kelompok Nelayan Rote Ndao Terima Bantuan Sarana Perikanan Tangkap

Rote Ndao, ROOLNEWS.ID – Pemerintah Kabupaten Rote Ndao memberikan bantuan sarana perikanan tangkap kepada 38 kelompok nelayan. Bantuan diserahkan langsung oleh Penjabat Bupati Rote Ndao, Oder Maks Sombu, di Kantor Dinas Perikanan Kabupaten Rote Ndao, Kamis (25/7/2024).

Bantuan yang bersumber dari APBD tahun 2024 melalui Program Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kabupaten Rote Ndao ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan dan produksi perikanan tangkap di wilayah tersebut. Kelompok penerima bantuan berasal dari Kecamatan Rote Timur, Rote Barat, Rote Barat Daya, Landu Leko, dan Pantai Baru.

“Kami harap dengan adanya bantuan ini, para nelayan bisa lebih produktif dengan hasil tangkapannya yang meningkat secara signifikan. Tetap semangat meningkatkan produktivitasnya dengan bantuan yang diberikan,” ungkap Oder Maks Sombu.

Berbagai jenis bantuan diberikan, meliputi alat tangkap, kapal fiber glass 1 GT, dan mesin kapal. Alat tangkap yang diberikan antara lain gillnet 2,5 inchi dan 3 inchi, jaring tiga lapis, gillnet 3 inchi berupa pukat nilon atau multiflamen, dan cool box 120 liter. Sementara itu, bantuan mesin terdiri dari mesin ketinting dan mesin diesel.

Pada kesempatan tersebut, Oder Maks Sombu mengimbau kelompok nelayan penerima bantuan untuk memanfaatkan bantuan dengan sebaik-baiknya dan tidak memperjualbelikan atau mengalihtangankan bantuan kepada pihak lain.

“Manfaatkan secara baik supaya ini bermanfaat bagi bapak ibu semua. Lewat bantuan ini juga kita harapkan dapat menambah penghasilan yang dengan sendirinya ekonomi juga ikut bertumbuh,” ucapnya. (*/Foto: Bidkom_DKISP Rote Ndao/Prokopim)