Pemuda Rote Ndao Wakili NTT Raih Penghargaan Apresiasi Pendidikan Keluarga

ROOL • Ibrahim Barsilai Jami alias IBee Martin mendapat penghargaan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy.

Penghargaan itu di raih setelah ia mengikuti lomba Jurnalistik Pendidikan Keluarga tahun 2018. Opini itu dimuat di Harian Radar Sulbar, edisi Jumat, 10 Agutus 2018 dengan judul “Peran Keluarga Terhadap Pendidikan Anak Di Era Milenial”.

Dalam kesempatan ini, Muhadjir mengatakan bahwa pendidikan dimulai dari keluarga dan orang tua sebagai pendidik utama. Oleh karena itu, peran aktif dan pelibatan orang tua dalam pendidikan anak adalah suatu keharusan.

“Untuk terwujudnya hal tersebut diperlukan dorongan, upaya peningkatan kemampuan, dan contoh-contoh praktik baik. Pemberian apresiasi kepada semua pihak yang terkait dengan upaya ini merupakan salah satu cara untuk menggiatkan upaya tersebut,” ujar Mendikbud.

Untuk diketahui, tulisan IBee pun menjadi Pemenang Harapan 2 Kategori Opini. Penghargaan itu diberikan kepada Ibrahim Barsilai Jami di Jakarta oleh Mendikbud, Muhadjir Effendy, Kamis, 25 Oktober malam di Plaza Insan Berprestasi Kemendikbud RI.

Siapa IBee Martin? Dia adalah seorang Presenter di berbagai Acara. Selain itu, dia juga pernah bekerja sebagai penyiar Radio di RRI Mamuju, Sulawesi Barat dan RRI Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Ibee menyebutkan, jika opini itu dikirim dan diseleksi.

“ini setelah menyisihkan 320 opini di Indonesia,” kata IBee kepada ROOL, Sabtu (27/10) di Jakarta.

Lanjut IBee, lomba tersebut dibagi menjadi 4 kategori yaitu, Berita, Feature, Opini dan BBlog.Total keseluruhan naskah yang diterima panitia berjumlah 1.105 naskah.

Sebanyak 125 Nomine (calon pemenang) di undang ke Jakarta untuk mengikuti Malam Apresiasi Pendidikan Keluarga tahun 2018.

Penghargaan yang diraih oleh IBee Martin sebagai refleksi semangat Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2018.

Sebagai pemuda asli Rote, IBee berpesan kepada para pemuda Rote Ndao agar terus berkarya mengukir prestasi dalam berbagai bidang.

“semua orang punya peluang untuk menjadi pemenang jika kita mau berusaha. Prestasi saya menjadi pemacu semangat pemuda di Rote untuk terus semangat meraih mimpi-mimpi mereka,” Ujar IBee. (*/r01)