Tarian Kebalai Pererat Persatuan Warga Pantai Baru Sambut HUT RI Ke-79

ROOLNEWS.ID – Ribuan warga Kecamatan Pantai Baru tumpah ruah di Lapangan Olafuliha’a, Selasa (6/8/2024) sore,  mengikuti Tarian Kebalai Massal. 

Kegiatan ini menjadi salah satu magnet dalam rangkaian acara menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia.

Mengusung tema “Semarak Lomba Spesial Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-79 Tahun 2024”,  beragam acara digelar untuk membangkitkan semangat persatuan.  Mulai dari lomba olahraga, pentas seni dan budaya, hingga karnaval yang diikuti 66 peserta dari berbagai elemen masyarakat.

Antusiasme warga  membuat Ketua Panitia HUT RI tingkat kecamatan, Mikael Kega, S.Pd.,  merasa kagum.

“Tujuan utama kita bukan semata-mata lomba, juara, atau hadiah. Lebih dari itu, kita ingin merajut kembali tali silaturahmi, menanamkan nilai-nilai kebersamaan, serta menunjukkan semangat gotong royong dan nasionalisme,” tegasnya.

Ia berharap, kemeriahan perayaan tahun ini  mampu memperkuat rasa persatuan di tengah masyarakat.

“Mari kita buktikan bahwa Pantai Baru bisa berkiprah,” tambahnya.

Adapun Tarian Kebalai Massal menjadi puncak kemeriahan sore itu.  Seluruh elemen masyarakat, mulai dari Forkopimcam, panitia, tamu undangan, hingga warga,  larut dalam gerakan dinamis yang  melambangkan semangat persatuan dan kecintaan terhadap tanah air.

Kemeriahan  diawali dengan Karnaval Pembangunan yang menempuh rute dari SMA Negeri Pantai Baru hingga  Lapangan Olafuliha’a.  Kreativitas peserta  terlihat dari berbagai kostum dan atribut yang ditampilkan, salah satunya  rombongan SMKN Pantai Baru yang tampil unik dengan  pakaian jurusan dan  tenun Flobamora.

Puncak acara  akan berlangsung pada 17 Agustus mendatang dengan Upacara Bendera Tingkat Kecamatan. Seluruh rangkaian acara ini diharapkan mampu memperkuat rasa persatuan dan kesatuan, serta memupuk semangat nasionalisme di  masyarakat Pantai Baru. (*/tim)