Polsek dan Bhayangkari Ranting Lobalain Kolaborasi dalam Program Pengentasan Stunting di Desa Kolobolon

roolmedia.user.cloudsg01.com – Sebagai bagian dari realisasi program “Polri Peduli Stunting,” jajaran Polsek Lobalain dan Bhayangkari Ranting Lobalain telah menjadi orang tua asuh bagi tujuh anak stunting berusia di bawah 2 tahun di Desa Kolobolon, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao.

Acara yang bertajuk “Menjadi Orang Tua Asuh” ini dilaksanakan pada Kamis, 13 April 2023, di rumah Kepala Desa Kolobolon.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Kapolda NTT, Irjel Pol Johni Asadoma, M.Hum, untuk mendukung Pemerintah Kabupaten Rote Ndao dalam mengurangi angka stunting hingga nol persen.

Kapolsek Lobalain, Ipda I Gede Putu Parwata, SH, mengatakan bahwa menjadi orang tua asuh bagi anak stunting adalah langkah nyata untuk menunjukkan kepedulian Polsek Lobalain dan Bhayangkari Ranting Lobalain.

Program ini juga merupakan bentuk dukungan Polri terhadap upaya Pemerintah Daerah dalam mempercepat penurunan angka stunting. Komandan DOBRAK ini juga menghimbau agar orang tua lebih serius memperhatikan anak-anak mereka agar bisa terbebas dari stunting.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Polsek Lobalain dan Bhayangkari Ranting Lobalain bekerja sama dengan kader posyandu, bidan desa, dan Kepala Desa setempat dalam memastikan anak-anak yang menjadi asuh mereka mendapatkan asupan gizi dan pelayanan kesehatan yang baik. Pemberian Makanan Tambahan (PMT) diberikan secara rutin dua kali dalam setiap bulan kepada ketujuh anak stunting tersebut.

Ipda Gede Parwata mengatakan bahwa jika ketujuh anak stunting di Desa Kolobolon berhasil terbebas dari kategori stunting, pihaknya akan melanjutkan program ini di desa-desa lain di wilayah hukum Polsek Lobalain. Ia juga menekankan pentingnya niat dan keikhlasan dalam berbuat kemanusiaan, khususnya untuk anak-anak stunting.

Kegiatan ini dihadiri oleh Anggota Polsek Lobalain, Bhabinkamtibmas, Kapolsubsektor Suelain, Bhayangkari Ranting Lobalain, Kepala Desa Kolobolon, Bidan Desa, dan para kader posyandu Desa Kolobolon. Sebagai penutup acara, Polsek Lobalain dan Bhayangkari Ranting Lobalain memberikan bingkisan kasih kepada ketujuh anak stunting yang menjadi perhatian mereka. (*/mbp)