Festival Rote Malole salah Satu Upaya Konkret Pemkab Rote Ndao Bangkitkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu, memukul gong saat membuka Festival Rote Malole, di auditorium Ti'ilangga Permai, kompleks kantor Bupati Rote Ndao. Foto: Foto: Dok.Humas Setda Rote Ndao

ROOLNews • Festival Rote Malole merupakan salah satu upaya konkret membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayah terselatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Selain itu, Festival Rote Malole diharapkan pula menjadi ajang promosi pariwisata, serta sebagai wadah penyaluran bakat dan talenta yang dimiliki putra-putri Rote Ndao.

Hal tersebut disampaikan Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu saat membuka Festival Rote Malole tahun 2022, di auditorium Ti’ilangga Permai, kompleks perkantoran Bupati, Rabu (06/07/2022).

Dikatakan Bupati Paulina, Sejalan dengan visi dan misi Kabupaten Rote Ndao, yakni Mewujudkan Rote Ndao yang Bermartabat bertumpu pada sektor Pariwisata dan didukung Pertanian dan Perikanan, maka tema Festival Rote Malole tahun 2022 adalah ‘Rote Ndao Bangkit, Maju dan Sejahtera bersama Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Dalam rangka mewujudkan misi tersebut, kata Bupati Paulina, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata harus mengkolaborasikan agenda tahunan ini menjadi lebih komprehensip sebagai ajang promosikan potensi wisata alam dan budaya yang khas, penyaluran bakat dan talenta putra-putri Rote Ndao, juga memberi ruang untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), memamerkan dan memasarkan produk-produk ekonomi kreatif, sehingga efek peningkatan ekonomi kerakyatan juga terjadi.

“Berharap kegiatan seperti ini jangan hanya berlangsung 2 hari, tetapi paling sedikt 1 minggu, kita juga dapat menunjang ekonomi kreatif bertumbuh. Panitia dalam hal ini Disparbud harus berkolaborasi untuk menyelenggarakan event-event kreatif dan inovatif yang melibatkan masyarakat sebagai bentuk sinergisitas dengan pemerintah,” ujar Bupati Paulina.

Bupati Paulina juga berharap para peserta dapat terus mengasah keterampilan dan menjadi mitra yang baik dalam membangun Kabupaten Rote Ndao melalui sektor pariwisata.

Bagi pelaku UMKM, kata Bupati Paulina, harus menjadikan momen pameran ini sebagai sarana untuk mengembangkan inovasi produk yang memenuhi standar global, agar bisa bersaing di pasar lebih luas.

Bupati Paulina juga menyampaikan terima kasih kepada Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), yang berkolaborasi dalam pelaksanaan Festival Rote Malole, di mana akan melaksanakan kegiatan sosialiasi Cinta, Banga, dan Paham (CBP) Rupiah, bagi pelajar di Kabupaten Rote Ndao pada 8 Juli 2022.

Selain itu juga, terima kasih yang sama disampaikan kepada mitra kerja pemerintah daerah, di antaranya Forkopimda, Bank NTT, PT Pegadaian Area Kupang, Bank BNI, Bank BRI, pelaku usaha, dan seluruh pihak yang tak dapat disebutkan satu per satu, yang telah memberikan dukungan dalam festival ini, serta turut membangunan pariwisata di Kabupaten Rote Ndao.

“Kami tak dapat membalas semua bantuan yang diberikan kepada pemerintah. Kami hanya berdoa agar semua kontribusi yang diberikan kepada pemerintah dibalas oleh Tuhan Sang Pemberi Kehidupan,” tutupnya.

Ketua Panitia Pelaksana Festival Rote Malolo 2022, yang juga Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Yesy Dae Pany dalam laporannya menjelaskan, tujuan digelar Festival Rote Malelo adalah untuk mempromosikan dan menggali keanekaragaman potensi wisata dan budaya serta kekayaan lainnya menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Rote Ndao.

Pada Festival Rote Malole tahun 2022, kata Yesy, yang dilaksanakan dari tanggal 6-7 Juli ini, panitia selengarakan Lomba Cipta Busana Modifikasi Rote Ndao, Lomba Foto Wisata Alam dan Budaya, Lomba Kuliner Berbahan Dasar Lokal, Lomba Petik Sasandu dan Syair, Lomba Tiktok, Serta Lomba Video Wisata Alam dan Budaya.

“Berharap kegatan ini berjalan dengan sukses dan dapat mencapai tujuan yang akan dicapai,” ujarnya.

Pantauan media ini, acara pembukaan dihadiri Wakil Ketua Pengadilan Negeri Rote Ndao Fransiska Dari Paula Nino, Perwakilan Forkopimda, anggota DPRD Rote Ndao Erasmus M Frans, Kepala BNNk Rote Ndao Bogie Setia Perwira Nusa, Kepala BPN/ATR Kabupaten Rote Ndao Lalu Harisandi, Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Rote Ndao Lona Apdiana Saek-Ngginak, Ketua Dharma Wanita Persatuan Maritje Sarlintje Selly-Thien, Kepala Bank NTT KC Rote Ndao Sender Dewa Lele, Vice Presiden PT Pegadaian Area Kupang Anwar, Kepala Cabang Pembantu Bank BNI Rote Ndao Philips MC Lami, pimpinan BRI Unit Ba’a, tim juri, serta para peserta lomba. (team)