539 Orang Terlayani Vaksinasi Massal di Polsek Lobalain

Suasana pelayanan vaksinasi massal di Polsek Lobalain, Kelurahan Namodale, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao, Jumat (15/10/2021). Foto: Dok.ROOLNews

ROOLNews—Selama tiga hari pelaksanaan kegiatan vaksinasi massal kerja sama Polsek Lobalain dengan Poliklinik Polres Rote Ndao, Dinas Kesehatan Kabupaten Rote Ndao, Puskesmas Ba’a, dan Puskesmas Feapopi, tercatat sebanyak 539 orang terlayani vaksinasi dosis 1 dan dosis 2.

“Dalam kegiatan vaksinasi massal dengan sasaran masyarakat di wilayah hukum Polsek Lobalain, sejak Rabu 13 Oktober sampai dengan Jumat 15 Oktober 2021 itu, sekitar 539 orang terlayani vaksinasi Covid-19 dosis 1 dan dosis 2,” ujar Kapolsek Lobalalin Ipda I Gde Putu Parwata kepada media ini, Jumat (15/10/2021) petang.

Ia merinci, dari 539 orang tersebut 445 mendapatkan vaksinasi dosis 1 dan 44 orang dosis 2 jenis Sinovac. Sementara untuk jenis Astra Zeneca 37 orang dosis 1 dan 13 orang dosis 2.

“Jadi total untuk dosis 1 sebanyak 482 orang, terdiri dari Sinovac 445 orang dan Astra Zeneca 37 orang. Sementara dosis 2 sebanyak 57 orang, yakni Sinovac 44 orang dan Astra Zeneca 13 orang,” katanya.

Menurut I Gde Putu Parwata, seluruh kegiatan vaksinasi selama 3 hari di Mapolsek Lobalain, Kelurahan Namodale, Kecamatan Lobalain tersebut dilakukan oleh dua tim, yakni tim dari Puskesmas Ba’a dipimpin dr Septriati Haning bersama 6 orang tenaga medis, dan tim Puskesmas Feapopi menghadirkan dr Kevin dan dr Aristakhus bersama 6 orang tenaga medis. Turut membantu pelaksanaan vaksinasi massal tersebut, yakni petugas Poliklinik Polres Rote Ndao dan seluruh anggota Polsek Lobalain.

Masih menurut Ipda Putu Parwata, kegiatan vaksinasi tersebut dipantau langsung Kapolres Rote Ndao AKBP Felli Hermanto dan Wakapolres Kompol I Nyoman Surya Wiryawan. Pelaksanaan vaksinasi selama 3 hari tersebut berjalan aman dan lancar, serta menggunakan protokol kesehatan pandemi Covid-19.

Akan Bergulir di Polsek Lainnya

Sebelumnya, Kapolres Rote Ndao AKBP Felli Hermanto saat memantau pelaksanaan vaksinasi di Polsek Lobalain, Rabu (13/10/2021) menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi massal tersebut merupakan bagian dari dukungan jajaran Polres Rote Ndao dan Polsek Lobalain terhadap program pemerintah dalam pelaksanaan pencegahan penyebaran Covid-19 dan pembentukan herd immunity (kekebalan kelompok), khususnya di wilayah Kabupate Rote Ndao.

Menurut Kapolres Felli, target yang diberikan dari Mabes Polri kepada jajaran Polres Rote Ndao untuk mendukung pencapaian herd immunity adalah 350 orang per hari mendapat vaksinasi. Walaupun dengan keterbatasan tenaga medis yang ada di sini, namun target ini akan diupayakan semaksimal mungkin dengan dukungan pemerintah daerah.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Bupati, Satgas Covid-19, Dinas Kesehatan dan jajaran Puskesmas atas kerja sama yang telah dibangun dalam rangka pencapaian herd immunity. Saat ini baru sekitar 30 persen, sehingga akan diupayakan secara berkelanjutan. Tiga hari ini di Polsek Lobalalin, dan akan menyusul polsek-polsek lainnya,” tutup Kapolres Felli. (team)