Launching Integrasi data Perencanaan dan Keuangan, Rote Ndao Jadi Pioner di NTT

ROOL • Guna menjawab tantangan dalam menjaga konsistensi hasil perencanaan yang disepakati melalui proses musrenbang, dengan proses penganggaran dan pembahasan bersama DPRD hingga menjadi APBD. Pemerintah Kabupaten Rote Ndao melaksanakan Launching Integrasi data Perencanaan dan Keuangan.

Kegiatan ini dilakukan secara daring dimana terhubung antara Kabupaten Rote Ndao (Kantor Bappelitbangda Rote Ndao) dan Ruang Rapat NTT Satu Data- Bappelitbngda Provinsi NTT, (24/7/2020).

“Kabupaten Rote Ndao merupakan kabupaten pertama di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang melakukan Integrasi data Perencanaan dan Keuangan melalui aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD),” Ungkap Sekretaris Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang), Janwes N. H. Nauk, S.STp.

Janwes mengatakan, dengan SPID akan mewujudkan efisiensi waktu inputan serta konsistensi hasil kesepakatan musrenbang, sebagai acuan penyusunan PPAS dan RKA. Sehingga SKPA hanya perlu menginput rincian jenis belanja dan turunannya sesuai Standar Biaya Umum (SBU) pada proses penganggaran.

Lanjutnya, integrasi data perencanaan dan keuangan dalam aplikasi tersebut, nantinya dapat dilakukan setelah dilakukan fasilitasi RKPD baik terhadap dokumen secara manual maupun melalui aplikasi SIPD.

Adapun beberapa hal penting lainnya untuk diketahui, Permendagri nomor 90 tahun 2019 tentang klasifikasi, kodefikasi dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah, Permendagri nomor 70 tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah, serta Rencana Aksi Daerah (RAD) pencegahan dan Pemberantasan Korupsi mengamanatkan agar penyusunan dokumen perencanaan dan penganggaran tahun 2021 dilakukan melalui aplikasi SIPD dan terintegrasi. 

Peluncuran acara launching Integrasi data perencanaan dan keuangan ini, mewakili Pemerintah kabupaten Rote Ndao, Asisten I kabupaten Rote Ndao, Untung Harjito, serta didampingi oleh Kepala Bapelitbang, Drs. Frengky J. Haning., Kepala BKA dan Sekretaris Inspektorat Kab Rote Ndao, sementara itu dari Ruang NTT satu data, mewakili kepala Bappelitbangda provinsi NTT, Kabid Evaluasi dan Pengendalian Bappelitbangda NTT, Ibu Themy Jong Joko didampingi Kasubid, Nyoman Saniambara serta staf teknis. (*/bappelitbangda_NTT)