BNNK Rote Ndao Edukasi 512 Siswa SD Inpres Mokdale tentang Bahaya Narkoba

Rote Ndao, ROOLNEWS.ID – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Rote Ndao menggelar kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (KIE P4GN) di UPTD SD Inpres Mokdale di Baa, Jumat (8/3/2024).

Kegiatan yang diikuti oleh 512 siswa ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan pemahaman tentang bahaya narkoba kepada generasi muda sejak dini.

Kepala Sekolah UPTD SD Inpres Mokdale Nefri Ariyanto Kiuk, S.Pd., SD, menyambut baik kegiatan ini dan menyampaikan terima kasih kepada BNNK Rote Ndao yang proaktif dalam memberikan penyuluhan kepada siswa agar terhindar dari bahaya narkoba.

Penyuluh Narkoba Ahli Pertama Mona E. Siagian, S.KM, dalam materinya menyampaikan bahwa modus operandi penyalahgunaan narkoba saat ini hampir masuk di semua lingkungan, termasuk lingkungan pendidikan. Oleh karena itu, BNNK Rote Ndao hadir untuk memberikan edukasi bahaya narkoba kepada siswa SD Mokdale.

Mona menjelaskan pengertian narkoba, jenis-jenis narkoba, ciri-ciri penyalahguna narkoba, serta upaya pencegahannya. Ia juga mengingatkan siswa agar menolak jika ada orang yang tidak dikenal memberikan makanan atau minuman kepada mereka, dan segera melaporkan kepada guru atau orang tua agar terhindar dari bahaya narkoba.

Kegiatan ini juga diisi dengan pemutaran video edukasi tentang bahaya narkoba dan mengajak siswa untuk menyanyikan lagu Mars BNN dan membuat yel-yel Rote tolak narkoba untuk mewujudkan generasi Indonesia bersinar (bersih narkoba).

Melalui kegiatan ini, diharapkan para siswa dapat memahami bahaya narkoba dan memiliki komitmen untuk tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkoba. (*/hmsbnnkrn/editor: rn)