Stakeholder Day, Wujud Komitmen Bersama Tingkatkan Kualitas PAK di Rote Ndao

ROOLNEWS.ID – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rote Ndao melalui Seksi Pendidikan Kristen menggelar “Stakeholder Day” bersama Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) tingkat kabupaten, Rabu (12/06/2024). Bertempat di aula Kantor Kemenag setempat, kegiatan ini dipenuhi beragam agenda, mulai dari evaluasi kinerja guru PAK, pemberian penghargaan bagi penerima Tunjangan Profesi Guru (TPG), penyerahan sertifikat pendidik, hingga review pelaksanaan pembayaran TPG dan pembumian metode Gasing pada mata pelajaran Agama Kristen.

Kepala Kantor Kemenag Rote Ndao, Marthen L. Nenobais, S.Pd., menekankan pentingnya persiapan dokumen profesi guru untuk kelancaran pencairan tunjangan. Hal ini ia sampaikan mengingat pemerintah memberikan perhatian penuh pada sektor pendidikan, baik guru maupun peserta didik. “Saya berharap agar kita dapat mempersiapkan segala dokumen yang berkaitan dengan profesi dengan baik sehingga segala bentuk hak kita dapat diberikan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Nenobais juga mendorong peningkatan kinerja guru PAK. Ia berharap kompetensi guru dapat terus ditingkatkan melalui berbagai pembenahan. Senada dengan itu, Kepala Seksi Pendidikan Kristen, Albert E. Pethan, S.Sos., menjelaskan bahwa “Stakeholder Day” ini menjadi ajang evaluasi kinerja guru PAK semester I tahun 2024 dan mendorong pembumian metode Gasing (Gampang, Asyik dan Menyenangkan) dalam pembelajaran.

Apresiasi positif datang dari Mesak Penu, S.Pd., Guru PAK SMPN 1 Rote Selatan. Ia menilai kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja guru dan mempererat hubungan antar guru PAK dengan Kemenag. “Kegiatan ini sangat bagus bagi kami, karena dapat meningkatkan kinerja kami di sekolah,” ujarnya.

Acara ini juga menjadi momen pemberian penghargaan kepada guru PAK dengan laporan kinerja terbaik dan penyerahan sertifikat pendidik. Tiga guru PAK dengan laporan kinerja terbaik yaitu Angreyani Lololau, S.Pd. (SMAN 1 Lobalain), Simson Y. Nassa, S.Pd. (SMAN 1 Rote Barat Laut), dan Thereoaster Abraham, S.Th. (SDN Oebafok). Sementara itu, sertifikat pendidik diberikan kepada Kesya Parlan, S.Th., Naomi Londa, S.Pd., dan Josephus Mulik, S.Pd. (*/rb foto: humas_kemenagrotendao)