Kwarcab Pramuka Rote Ndao Gelar KMD

ROOL NEWS • Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Rote Ndao menggelar Kursus Mahir Tingkat Dasar ( KMD ) bagi Pembina Penggalang. Kursus  yang akan berlangsung selama 6 ( enam ) hari, tanggal 3 – 9 Desember 2019 ini bertempat di aula hotel Videsy, Ba’a.

Ketua panitia Sony Zacharias dalam laporannya pada pembukaan kursus Rabu (4/12/19) mengatakan kursus dimaksud bertujuan memberikan bekal pengetahuan kepramukaan bagi para pembina di gugus-gugus depan.

“fokus utama kita adalah peningkatan kualitas pembina sebab pembina yang berkualitas akan melahirkan anggota pramuka yang berkualitas pula,” kata Sony.

Tujuan lainnya lanjut Sony  untuk meningkatkan jumlah pembina Pramuka mahir di Kwarcab Pramuka Rote Ndao.

Sony menjelaskan peserta adalah guru guru dari Sekolah Menengah Pertama sebanyak 40 orang yang adalah gugus gugus depan gerakan Pramuka kwarcab Rote Ndao.

“Sedangkan pelatih berjumlah lima orang yang  terdiri dari empat pelatih dari Pusdiklatda gerakan Pramuka NTT dan satu dari kwarcab Pramuka Rote Ndao, ” jelas Sony.

Dia menambahkan bahwa kegiatan sudah berjalan sejak Selasa (3/12) sore hingga  malam yakni registrasi peserta dan penyampaian beberapa materi.

Ketua Kwarcab Pramuka Rote Ndao, Josep Pandie melalui Sekretaris Kwarcab Pramuka Rote Ndao, Hanokh Panie saat membuka kursus KMD mengatakan kepramukaan di Rote Ndao pada umumnya berpangkalan di sekolah- sekolah  namun belum semuanya memiliki pembina pramuka yang telah mengikuti diklat yang memadai. Dasar itulah Kwarcab kabupaten Pramuka Rote Ndao menyelenggarakan kursus KMD agar pembina -pembina pramuka memiliki pengetahuan memadai tentang kepramukaan.

Kepada peserta Hanok berharap usai kursus agar dilanjutkan dengan melakukan pembinaan di gugus – gugus masing- masing.

“gunakan kesempatan ini untuk belajar dan  jadilah pembina yang terpanggil yang siap mengabdi  demi kemajuan pramuka kedepan,” tutup Hanok. (*cha)